Jenis Pemeriksaan Dini Kanker yang Harus Dilakukan Pria dan Wanita

pemeriksaan-kanker-yang-penting-doktersehat

DokterSehat.Com – Kanker adalah salah satu jenis penyakit yang tumbuhnya lambat, jarang terdeteksi, dan kalau sudah parah bisa mengancam nyawa. Oleh karena itu, pemeriksaan dini kanker harus dilakukan agar penyakit berbahaya ini bisa segera diketahui dan diatasi. Apa saja jenis pemeriksaan kanker yang bisa dilakukan?

Nah, dari berbagai kanker yang ada di luar sana, Anda harus melakukan pemeriksaan untuk lima jenis kanker di bawah ini. Lima kanker ini sering muncul pada pria dan juga wanita sehingga screening atau pemeriksaan awal harus dilakukan.

Jenis pemeriksaan kanker sejak dini

Berikut beberapa jenis kanker yang wajib Anda ketahui statusnya. Kalau dalam pemeriksaan terdapat sel kanker yang masih sedikit, penanganan bisa dilakukan, tapi kalau bersih, Anda bisa melanjutkan pola hidup sehat agar tidak ada kemungkinan muncul di masa depan.

Berikut beberapa jenis pemeriksaan kanker yang bisa dilakukan sejak dini:

  1. Pemeriksaan kanker payudara

Kanker payudara adalah salah satu kanker yang sangat berbahaya dan hampir semua wanita berisiko mengalaminya. Oleh karena itu, pemeriksaan kanker payudara harus dilakukan sejak dini mulai dari pemeriksaan awal dengan tangan untuk mencari benjolan hingga ke laboratorium.

Kalau wanita merasakan hal aneh di payudaranya seperti benjolan yang keras ada baiknya segera memeriksakan diri. Selan itu kalau payudara sering sekali terasa sakit hingga mengeluarkan cairan aneh dari putingnya yang bukan ASI, bisa jadi itu adalah tanda kanker payudara. Oleh karena itu, segera lakukan pemeriksaan ada atau pun tidak ada gangguan.

  1. Pemeriksaan kanker serviks

Pemeriksaan kanker serviks juga harus dilakukan khususnya pada wanita yang sudah aktif secara seksual. Pemeriksaan ini harus dilakukan untuk mengetahu ada tidaknya lapisan kanker di serviks yang kemungkinan bisa tumbuh dan menyebabkan masalah yang cukup besar kalau stadiumnya sudah lanjut.

Jenis pemeriksaan kanker serviks biasanya dilalukan dengan Pap Smear. Dengan pemeriksaan ini, deteksi dini dari kanker serviks bisa dilakukan. Kalau Anda pernah mengalami kutil kemaluan, pemeriksaan harus segera dilakukan. Pasalnya penyebab dari kutil kelamin atau HPV juga bisa memicu kanker serviks.

  1. Pemeriksaan kanker prostat

Jenis pemeriksaan kanker prostat harus dilakukan sejak dini karena kondisi ini bisa mengganggu banyak hal pada pria. Kemungkinan mengganggu kesuburan pria akan besar. Selain itu, pria juga akan mengalami kemunduran kemampuan seksualnya cukup signifikan.

Pemeriksaan kanker prostat bida dilakukan dengan pemeriksaan darah atau scan pada area penis. Dengan melakukan cara menurunkan risiko kanker ini, kondisi kanker yang sangat berbahaya bisa segera diketahui statusnya. Kalau memang ada, pengobatan harus segera dilakukan.

  1. Pemeriksaan kanker paru-paru

Kanker paru harus dilakukan oleh pria dan wanita yang aktif merokok. Karena setiap hari ada racun yang masuk ke dalam tubuh, kemungkinan terjadi gangguan akan besar. Oleh karena itu, pemeriksaan rutin harus dilakukan agar kanker paru bisa segera dideteksi agar tidak diketahui kalau sudah parah.

  1. Pemeriksaan kanker di rahim dan ovarium

Jenis pemeriksaan kanker selanjutnya dilakukan di area rahim dan ovarium. Dua organ yang penting untuk kehamilan ini juga bisa mengalami kanker. Kanker bisa terjadi karena ada radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Akibatnya area rahim jadi ditumbuhi oleh sel berbahaya yang terus tumbuh.

Kanker ovarium dan rahim sangat berbahaya, kalau dibiarkan bisa mengancam keselamatan. Oleh karena itu, lakukan pemeriksaan rutin paling tidak setiap awal tahun.

Cara menurunkan risiko kanker pada tubuh

Seteah mengetahui apa saja jenis pemeriksaan kanker, tentu kita juga harus tahu cara  mencegah kanker adalah dengan pemeriksaan rutin. Namun, ada acara lain yang harus Anda lakukan untuk menurunkan risiko kanker pada tubuh. Ini dia beberapa cara menurunkan risiko kanker pada pria dan wanita:

  1. Menjaga pola makan dan olahraga

Menjaga pola makan setiap hari dan menghindari sesuatu yang berlemak dan berkarbohidrat tinggi bisa menurunkan risiko terkena kanker pada tubuh pria dan juga wanita. Penurunan risiko ini juga akan naik kalau seseorang membarengi makan sehat dengan olahraga secara rutin.

  1. Tidak merokok dan minum alkohol

Risiko kanker biasanya akan naik kalau seseorang hobi merokok dan juga minum alkohol. Merokok akan membuat kanker di paru serta organ lain tumbuh perlahan-lahan. Tentunya cara menurunkan risiko kanker paru-paru adalah dengan tidak merokok dan menghindari konsumsi alkohol.

  1. Menghindari makanan yang mengandung bahan kimia

Hindari makanan yang banyak mengandung bahan kimia berbahaya. Makanan dengan pewarna, pemanis buatan, hingga pengawet bisa memicu kanker di tubuh meski tidak secara langsung. Pertimbangkan untuk selalu menggunakan bahan-bahan terbaik dan mengolahnya sendiri.

  1. Tidak sering terpapar radikal bebas

Kalau Anda sering terpapar radikal bebas, kemungkinan terkena kanker akan semakin besar. Oleh karena itu kalau Anda bekerja di lingkungan yang sedikit berisiko, ada baiknya untuk melakukan pemeriksaan diri sama seperti yang terlah di bawah di atas.

  1. Berhubungan seks, melahirkan, dan menyusui

Mungkin terlihat sedikit aneh kalau berhubungan seks ternyata bisa menurunkan risiko kanker pada pria. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, pria yang sering mengalami ejakulasi tidak akan mudah terkena kanker prostat. Bahkan, persentase risiko terkena kanker terus anjlok.

Selanjutnya pada wanita, melahirkan dan menyusui ternyata bisa menurunkan risiko terkena kanker payudara. Selanjutnya, penggunaan kontrasepsi juga bisa menurunkan kanker serviks yang selama ini menjadi musuh terbesar dari wanita.

Itulah sedikit ulasan tentang jenis pemeriksaan kanker yang harus dilakukan sejak dini oleh pria dan juga wanita serta cara menurunkan risiko kanker. Mana saja yang pernah Anda lakukan? Semoga di setiap pemeriksaan saat medical check-up tidak muncul sel abnormal yang terus tumbuh dan membunuh sel lainnya.