Terbit: 16 April 2018 | Diperbarui: 23 Oktober 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Menjaga kesehatan mulut dan gigi merupakan hal yang sangat penting. Pasalnya, mulut menjadi pintu pertama masuknya asupan makanan dan bahan-bahan lain ke dalam tubuh. Tidak heran jika masalah kesehatan yang menyerang mulut dan gigi akan berdampak pada kesehatan tubuh lainnya. Nah, salah satu masalah yang tidak dapat dibiarkan begitu saja adalah gigi berlubang. Tidak hanya menyebabkan bau mulut tidak sedap, gigi berlubang juga memicu masuknya bakteri jahat ke dalam tubuh. untuk mengatasinya, Anda dapat mengonsumsi sejumlah makanan berikut.

Jenis Makanan yang Ampuh Mencegah Gigi Berlubang

1. Keju

Dilansir dari laman Medical Daily, keju menjadi salah satu makanan yang ampuh mencegah gigi berlubang. Hal ini lantaran keju mengandung kalsium tinggi. Kalsium sendiri merupakan kandungan bahan penting untuk menjaga kesehatan gigi. Tidak hanya itu saja, kalsium juga menjadikan gigi menjadi lebih kuat.

2. Apel

Selain apel, Anda dapat mengonsumsi buah apel. Apel merupakan salah satu buah yang mengandung beragam vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh. Dilansir dari laman Medical Daily, rasa asam pada buah apel dapat menstimulasi produksi air liur yang meminimalisir bakteri jahat pada mulut.

3. Permen Karet yang Sugar-Free

Sebagai tambahan informasi, mengonsumsi makanan yang mengandung gula ternyata berisiko meningkatkan terjadinya gigi berlubang. Namun, untuk mengatasinya Anda hanya perlu mengunyah permen karet yang bebas gula atau sugar-free gum. Permen karet dapat membersihkan gigi dari sisa kotoran mau pun bakteri yang menempel pada permukaan gigi mau pun sela-sela gigi. Salah satu jenis sugar-free gum yang banyak disarankan adalah yang mengandung xylitol.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

Nah, sejumlah jenis makanan di atas ternyata dapat membantu Anda mencegah gigi berlubang. Tidak hanya itu saja, kandungan vitamin pada sejumlah makanan di atas juga menjadikan tubuh menjadi lebih sehat.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi