Terbit: 21 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Menjaga kesehatan kulit kepala dan rambut merupakan hal yang penting. Pasalnya, hal tersebut juga memberikan sejumlah manfaat yang menguntungkan bagi Anda. Tidak hanya dengan menggunakan hair care khusus dengan kandungan bahan aktif, menjaga kulit kepala dan rambut juga bisa dilakukan lewat mengonsumsi makanan tertentu. Berikut sejumlah makanan yang membantu mencegah rambut rontok.

Jenis Makanan yang Ampuh Cegah Rambut Rontok

1. Bayam

Dilansir dari laman NDTV, salah satu makanan yang ampuh mencegah rambut rontok adalah bayam. Bayam sendiri merupakan salah satu sayuran yang kaya akan kandungan zat besi, vitamin A, vitamin dan protein. Sebagai tambahan informasi, zat besi pada bayam sendiri menjadi bahan aktif yang memegang peranan penting dalam menjaga kulit kepala tetap sehat dan akar rambut tetap kuat. Tidak hanya itu saja, kandungan omega-3 pada bayam juga menjadikan kulit lebih lembap dan ternutrisi secara optimal.

2. Wortel

Sayuran satu ini memang terkenal akan kandungan vitamin A. Vitamin A sendiri ternyata memiliki peranan penting dalam menjaga kesehatan rambut Anda. Tidak hanya menjaga penglihatan, vitamin A juga menstimulasi pertumbuhan rambut yang lebih kuat dan sehat. Tidak heran jika kondisi yang demikian akan meminimalisir terjadinya rambut rontok. Vitamin A pada wortel juga berfungsi untuk melembapkan kulit kepala dan mencegah rasa gatal muncul.

3. Ikan Salmon

Berbeda lagi dengan jenis ikan laut yang mengandung banyak nutrisi penting bagi tubuh. Salah satunya adalah ikan salmon yang kaya akan protein dan fatty acid. Dilansir dari laman Prevention, ikan salmon sendiri mengandung protein yang merangsang produksi keratin. Keratin sendiri merupakan struktur penting pada rambut. Tidak hanya itu saja, kandungan omega-3 pada salmon juga menjaga rambut tetap kuat dan berkilau.

Rupa-rupanya sayuran juga dapat digunakan untuk menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala secara optimal. Siapa yang akan menyangka jika pada sayuran seperti bayam ditemukan kandungan fatty acid seperti pada jenis ikan-ikan laut. Tidak heran jika sejumlah sayuran di atas juga disarankan untuk Anda yang ingin mencegah masalah rambut rontok. Selain itu, jangan lupa pula untuk memenuhi asupan cairan agar kulit kepala dan rambut tidak kering dan kusut.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi