Jenis-Jenis Madu yang Baik untuk Merawat Kulit

jenis-madu-doktersehat-1
Photo Credit: Pexels.com

DokterSehat.Com– Merawat kesehatan dan kecantikan kulit memang dapat disiasati dengan menggunakan bahan-bahan alami. Salah satunya yang paling sering digunakan adalah madu. Madu sendiri dikenal sebagai salah satu bahan alami yang mengandung antioksidan dan berbagai vitamin mau pun mineral.

Tidak heran jika madu menjadi salah satu bahan alami yang paling sering ditemui pada sejumlah produk perawatan kulit. Kendati demikian, ternyata setiap jenis madu memiliki fungsi yang berbeda dalam merawat kulit seperti berikut:

1. Madu Akasia

Dilansir dari lama Raw Raw Beauty, salah satu madu yang dapat digunakan untuk merawat kesehatan kulit adalah madu Akasia. Madu yang berwarna kuning cerah ini dipercaya ampuh dalam menstimulasi produksi kolagen. Tidak heran jika madu Akasia kerap digunakan untuk menjaga kekencangan kulit dan mencegah kulit berkeriput.

2. Madu Manuka

Jenis madu satu ini merupakan jenis yang sangat populer dalam merawat kesehatan dan kecantikan kulit. Ialah madu Manuka yang kerap digunakan sebagai formula andalan pada sejumlah produk perawatan kulit. Madu satu ini diklaim ampuh dan efektif dalam mengatasi kulit yang berjerawat. Tidak hanya itu saja, madu Manuka juga dipercaya dapat meredakan peradangan yang disebabkan oleh jerawat atau pun reaksi alergi dalam waktu singkat. Lebih lanjut, madu Manuka juga mampu memudarkan bekas jerawat yang mengganggu.

3. Madu Thyme

Jenis madu lainnya yang dapat digunakan untuk mengatasi masalah jerawat adalah madu Thyme. Hal ini lantaran madu satu ini mengandung zat anti bakteri yang cukup tinggi. Bahkan kemampuan zat anti bakteri yang terkandung pada madu Thyme disebut-sebut melebihi kemampuan benzoil peroksida dalam mengatasi jerawat. Tidak hanya ampuh membasmi jerawat, madu Thyme juga menjadikan kulit lebih terjaga kelembapannya.

Selain digunakan sebagai masker, madu-madu di atas juga dapat Anda konsumsi. Anda pun juga bisa dengan mudah mengombinasikan madu-madu di atas dengan beragam bahan alami yang menjadikan kulit lebih sehat dan bebas keriput.