Terbit: 29 Maret 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Dokter Sehat – Semua orang pasti pernah mengalami stres. Namun, setiap orang memiliki cara yang berbeda-beda dalam mengatasi stres. Terdapat banyak cara yang bisa digunakan untuk mengatasi stres, mulai dari meminta bantuan para ahli hingga cara yang paling mudah yaitu mengubah pola makan. Lantas, apa saja makanan penghilang stres yang bisa Anda konsumsi?

13 Makanan Penghilang Stres (No. 11 Jarang Diketahui)

Makanan untuk Menghilangkan Stres

Sebelum membahas mengenai makanan penghilang stres, perlu Anda ketahui bahwa manajemen stres yang baik bisa memengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Sistem pencernaan manusia tidak hanya berfungsi untuk memproses makanan, namun juga bisa memengaruhi emosi.

Hormon serotonin yang mempunyai peran membantu mengelola suasana hati, ternyata sebagian besar diproduksi di saluran pencernaan yang dikelilingi oleh banyak sel saraf. Serotonin sendiri mempunyai peran untuk mengatur nafsu makan, waktu tidur dan rasa sakit.

Berikut adalah makanan penghilang stres yang harus Anda tahu, di antaranya:

1. Karbohidrat kompleks

Makanan penghilang stres yang pertama adalah semua makanan yang mengandung karbohidrat kompleks. Makanan karbohidrat kompleks membutuhkan waktu yang lebih untuk dicerna. Pilihan yang baik untuk dikonsumsi seperti roti gandum, biji-bijian, kacang, pasta, dan oatmeal. Karbohidrat kompleks juga dapat membantu dengan menstabilkan kadar gula darah Anda.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

Selain itu, karbohidrat kompleks juga bisa membantu mengendalikan berat badan Anda, di mana hal ini akan menurunkan risiko gangguan jantung dan diabetes tipe 2.

2. Jeruk

Jeruk adalah buah yang sebaiknya rajin Anda konsumsi untuk mengurangi stres. Sebuah penelitian mengungkapkan, vitamin C yang terdapat pada jeruk dapat menekan tingkat hormon stres sekaligus memperkuat sistem kekebalan tubuh. Sebuah studi mengungkapkan, orang dengan tekanan darah tinggi, kadar kortisol (hormon stres) dalam tubuhnya akan normal lebih cepat ketika mengonsumsi vitamin C sebelum menjalan aktivitas yang memicu stres.

3. Sayuran berdaun hijau

Terlalu sedikit asupan magnesium pada tubuh dapat memicu sakit kepala dan kelelahan, di mana hal ini akan membuat kadar stres semakin meningkat. Satu cangkir bayam dapat memenuhi asupan magnesium harian yang dibutuhkan tubuh. Jika Anda tidak suka bayam, Anda bisa mengonsumsi sayuran berdaun hijau lainnya.

4. Ikan

Makanan untuk menghilangkan stres yang mudah didapatkan adalah ikan. Asam lemak omega-3 yang ditemukan pada salmon dan tuna, bisa mencegah lonjakan hormon stres dan melindungi Anda dari  penyakit jantung, depresi, dan premenstrual syndrome. Agar makanan penghilang stres ini bekerja dengan maksimal, konsumsi setidaknya 3,5 ons ikan setidaknya setiap dua minggu.

5. Alpukat

Selain sayur-sayuran, makanan penghilang stres juga bisa bersumber dari buah-buahan. Cara terbaik untuk mengurangi tekanan darah tinggi adalah dengan mendapatkan cukup kalium. Buah yang banyak mengandung kalium adalah alpukat. Namun, karena alpukat juga mengandung lemak dan kalori, memperhatian porsi setiap sajian adalah sesuatu yang penting.

6. Kacang almond

Kacang almond penuh dengan vitamin yang bermanfaat antara lain vitamin E untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, ditambah vitamin B yang dapat membuat Anda lebih tahan terhadap serangan stres atau depresi. Makanan penghilang stres ini akan terasa manfaatnya apabila Anda mengonsumsi di atas seperempat cangkir setiap hari.

7. Kacang mede

Kacang mede adalah makanan penghilang stres terbaik di antara berbagai jenis kacang. Kacang mede mengandung kadar zinc yang tinggi sehingga bisa mencukupi kebutuhan harian Anda. Rendahnya kadar zinc dikaitkan dengan kecemasan tinggi dan mudah depresi. Anda harus mendapatkan asupan zinc setiap hari, karena tubuh tidak memiliki tempat untuk menyimpan cadangan zinc.

8. Yoghurt

Banyak orang berpandangan bahwa stres hanya bersumber dari luar tubuh saja, padahal stres juga bisa disebabkan dari dalam tubuh. Stres bisa terjadi akibat bakteri jahat yang bersarang di dalam perut. Sebuah studi mengungkapkan, otak bisa mengirimkan sinyal menuju usus, karena itulah kenapa saat Anda stres sistem pencernaan bisa terganggu.

Konsumsi probiotik yang ada di dalam yoghurt dipercaya mengurangi aktivitas otak di daerah yang menangani emosi, termasuk stres. Selain itu, nutrisi penting lain yang ada yoghurt adalah protein dan kalsium.

9. Dark chocolates

Pada umumnya, dark chocolates dikenal sebagai makanan untuk mengatasi tekanan darah rendah dan membuat Anda lebih rileks. Makanan penghilang stres ini mengandung flavonol dan polifenol—beberapa jenis antioksidan dari beberapa buah. Dark chocolates bisa Anda konsumsi seminggu sekali.

10. Blueberry

Blueberry memiliki beberapa tingkat antioksidan tertinggi yang dikenal sebagai anthocyanin, dan telah dikaitkan dengan semua manfaat kesehatan, termasuk meningkatkan kognisi yang lebih tajam. Selain bluberry, semua buah beri termasuk stroberi, raspberry, dan blackberry, kaya akan vitamin C yang telah terbukti membantu dalam memerangi stres.

11. Asparagus

Meski makanan untuk menghilangkan stres ini bisa memengaruhi aroma urine, namun asparagus kaya akan folat yang berguna untuk membuat Anda lebih tenang. Asparagus bisa diolah dengan dikukus atau dipanggang hingga kering.

12. Teh

Selain beberapa makanan yang ampuh untuk menghilangkan stres seperti di atas, perlu Anda ketahu bahwa ada minuman yang juga membantu meredakan stres, salah satunya adalah teh.

Sebuah studi mengungkapkan, mereka yang mengonsumsi 4 cangkir teh hitam setiap hari selama 6 minggu, merasa lebih tenang dan memiliki kadar hormon stres kortisol yang lebih rendah setelah menghadapi situasi stres.

Selain teh hitam, teh hijau juga bisa memberikan manfaat yang sama. Para ahli mengatakan, bahwa teh hijau mampu meningkatkan kinerja mental seseorang. Disarankan untuk mengonsumsi teh hijau dua gelas setiap hari.

Tidak hanya teh hitam dan teh hijau, teh chamomile juga bisa memberikan manfaat yang sama. Sebuah penelitian menemukan bahwa mereka yang rutin mengonsumsi teh chamomile mengalami penurunan yang signifikan dalam mengatasi gejala kecemasan. Selain menenangkan saraf, teh chamomile juga meningkatkan kualitas tidur.

13. Susu

Selain membuat tidur Anda lebih cepat, susu juga bisa mengurangi kecemasan dan perubahan suasana hati yang terkait dengan PMS. Pilihan susu yang baik adalah susu skim atau susu rendah lemak.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi