Terbit: 29 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Selama ini kita hanya tahu kalau infeksi saluran kemih adalah gangguan yang menyebabkan kita jadi susah kencing. Selain itu, area kelamin, pubis, dan perut bawah juga kerap sakit sehingga membuat aktivitas harian jadi tidak nyaman.

Jenis Infeksi Saluran Kemih Berdasarkan Lokasi Kejadiannya

Selanjutnya kita juga tahu kalau gangguan ini disebabkan infeksi bakteri atau virus. Namun, kita tidak tahu bagian mana saja yang diinfeksi dan apa yang membedakan keduanya. Berikut kami sarikan jenis infeksi saluran kemih berdasarkan lokasi kejadiannya.

1. Infeksi saluran kemih zona atas

Sebelum membahas lebih dalam terkait infeksi saluran kemih bagian atas, kita harus tahu dahulu kalau saluran kemih itu tidak hanya ujung dari kemaluan saja. Saluran kemih itu menerapkan sistem yang terdiri dari ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra yang berada di bagian luar.

Nah, saluran kemih bagian atas itu terdiri dari ginjal dan ureter. Dua organ ini adalah yang paling awal memproses urine sebelum menyalurkannya ke kandung kemih untuk ditampung dan dikeluarkan.

Infeksi yang terjadi pada organ ini biasanya berupa pielonefritis. Kondisi yang ditimbulkan infeksi ini adalah demam, mual, dan menggigil.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Sensodyne - Advertisement

2. Infeksi saluran kemih zona bawah

Saluran kemih zona bawah terjadi pada kandung kemih hingga ke uretra. Infeksi terjadi karena bakteri seperti E. Coli. Biasanya bakteri ini muncul saat seseorang duduk atau menggunakan toilet umum yang kotor. Akibatnya, bakteri yang cukup berbahaya itu masuk ke uretra dan menjalar sampai ke kandung kemih.

Infeksi jenis ini juga bisa terjadi saat berhubungan badan karena alat kelamin yang tidak bersih. Efek yang ditimbulkan hampir sama dari infeksi zona atas yaitu demam dan sering sakit saat buang air kecil.

Nah, semoga ulasan tentang infeksi saluran kemih di atas bisa Anda gunakan sebagai rujukan.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi