Terbit: 22 Juli 2021 | Diperbarui: 23 Juli 2021
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Ada banyak jenis ikan laut dan manfaatnya yang bagus untuk kesehatan karena berbagai kandungan nutrisi penting di dalamnya. Yuk simak kandungan nutrisi dan daftar khasiat ikan laut untuk kesehatan di bawah ini!

10 Jenis Ikan Laut dan Manfaatnya untuk Kesehatan

Jenis Ikan Laut dan Manfaatnya bagi Kesehatan

Ikan laut adalah salah satu makanan yang paling sehat, karena mengandung nutrisi penting, seperti protein, vitamin D, vitamin B12, asam lemak omega-3, zat besi, fosfor, niasin. dan nutrisi lainnya. Ikan juga tinggi yodium, yang juga sebagai mineral penting.

Berikut ini daftar jenis ikan laut dan manfaatnya bagi kesehatan:

1. Makarel

Makarel adalah jenis ikan air laut konsumsi, terkenal memiliki banyak asam lemak omega-3 dan mengandung banyak vitamin dan mineral penting. Ikan berminyak ini adalah salah satu pilihan makanan laut yang paling sehat.

Beberapa manfaat dari ikan ini, termasuk meningkatkan kesehatan kardiovaskular, meningkatkan fungsi kognitif, mengurangi kadar trigliserida yang tinggi, antiinflamasi, mencegah anemia, dan bagus untuk sistem kekebalan tubuh.

2. Tuna

Ikan ini menjadi sumber vitamin B12 yang sangat bagus, vitamin penting yang membantu membuat DNA. Vitamin ini juga membantu membentuk sel darah merah baru dan mencegah perkembangan anemia.

Manfaat kesehatan dari ikan tuna, antara lain menurunkan risiko penyakit jantung, mencegah masalah penglihatan, mengurangi risiko kanker.

3. Ikan Tongkol

Ikan tongkol atau miliki nama latin Euthynnus affinis menjadi salah satu ikan favorit masyarakat sebagai lauk pauk, juga termasuk jenis ikan laut yang baik untuk ibu hamil. Tidak hanya enak dan sangat terjangkau, ikan ini juga memiliki beragam manfaat karena kaya akan kandungan nutrisinya yang bagus untuk kesehatan. Ini termasuk protein, asam omega-3, vitamin D, vitamin B6, vitamin B12, zat besi, mineral, lemak, dan tinggi kadar abu.

Beberapa manfaat makan ikan laut ini, antara lain menjaga kesehatan jantung, menyehatkan mata dan otak, menyehatkan kelenjar tiroid, menurunkan berat badan, dan menurunkan peradangan.

Salah satu manfaat ikan laut bagi ibu hamil juga terdapat dalam ikan tongkol. Ini karena tongkol memiliki nutrisi yang membantu memproduksi sel darah merah yang baik bagi ibu dan janin selama kehamilan. Nutrisi ini termasuk protein, zinc, kalsium, zat besi, dan vitamin B.

4. Ikan Belanak

Selain lezat, ikan ini mengandung nutrisi yang berkhasiat bagi tubuh untuk menunjang kebutuhan nutrisi per hari. Baik belanak merah maupun abu dapat meningkatkan nafsu makan.

Tidak hanya itu saja, ikan belanak juga memiliki manfaat lainnya, termasuk meningkatkan energi, menyehatkan kulit dan rambut, dan mempercepat penyembuhan luka.

5. Kakap Merah

Ikan laut ini mengandung asam lemak omega-3 dengan kadar yang sedang, serta memiliki banyak vitamin D, E, selenium, dan magnesium. Seporsi atau 170 gram juga memberikan sekitar 170 kalori dan 35 gram protein. Ikan kakap merah juga memiliki potasium yang bagus bagi kesehatan.

Manfaat makan ikan laut ini, termasuk membantu mengontrol berat badan, mengurangi risiko penyakit jantung, mencegah penyakit jantung menurunkan risiko anemia megaloblastik, menurunkan tekanan darah, dan memperkuat kepadatan mineral tulang dan mencegah osteoporosis.

Baca Juga: 8 Manfaat Ikan Dori dan Kandungan Gizinya (No. 7 Jangan Dilewatkan!)

6. Kakap Putih

Kakap putih atau memiliki nama lain barramundi cukup tinggi akan asam lemak omega-3, lemak sehat, protein, vitamin D, vitamin A, natrium, dan kalium. Ikan ini juga memiliki kandungan bahan kimia berbahaya yang rendah seperti merkuri dan polychlorinated biphenyls (PCB).

Beberapa manfaat ikan laut ini, termasuk antikanker, membantu menurunkan berat badan, meningkatkan kesehatan otak, mengontrol gula darah, memperkuat tulang, meningkatkan kesehatan mata, dan memastikan pertumbuhan dan perkembangan tubuh yang tepat. Selain itu, ikan kakap juga jenis ikan laut yang enak dibakar.

7. Barakuda

Jenis ikan laut dan manfaatnya selanjutnya adalah ikan barakuda. Menurut penelitian, makan ikan laut secara teratur bermanfaat bagi tubuh dalam berbagai hal. Ini termasuk ikan barakuda yang mengandung beberapa nutrisi penting bagi tubuh seperti yodium, selenium, zinc, kalium, dan potasium, vitamin B2, A dan D.

Manfaat ikan laut bagi kesehatan, termasuk menyehatkan hati, meringankan gejala rheumatoid arthritis, meningkatkan kemampuan otak, mencegah stres, melancarkan sirkulasi darah, menyehatkan mata, dan menyehatkan kulit.

8. Ikan Cakalang

Ikan cakalang atau skipjack adalah ikan laut yang berminyak. Cakalang adalah salah satu sumber terbaik dari asam lemak esensial, protein, mineral dan vitamin yang larut dalam lemak seperti vitamin A, E dan D.

Menurut Cornell University and the New York Sea Grant Extension Program, asam lemak dalam ikan ini berperan penting dalam menurunkan tekanan darah dan detak jantung dan membantu meningkatkan fungsi kardiovaskular.

Penelitian lain telah menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 dapat membantu menurunkan risiko aritmia (detak jantung abnormal) yang dapat menyebabkan kematian mendadak.

9. Ikan Teri

Teri adalah ikan yang termasuk dalam keluarga anchovy. Ikan yang sangat populer memiliki banyak vitamin dan mineral yang memiliki manfaat kesehatan. Nutrisi yang paling umum dalam ikan ini adalah asam lemak omega-3, yang meningkatkan kesehatan otak dan jantung.

Selain tongkol, manfaat ikan laut bagi ibu hamil ada dalam teri. Ikan ini memberikan nutrisi pelengkap untuk ibu hamil dalam memelihara dan membantu pertumbuhan tulang dan gigi janin dalam kandungan.

Ikan teri juga memiliki selenium, yang jika mengonsumsinya secara teratur, mampu mengurangi risiko beberapa jenis kanker. Manfaat kesehatan lainnya dari ikan teri, antara lain menyehatkan jantung, melindungi tiroid, menyehatkan mata, dan mencegah Alzheimer.

10. Ikan Kod

Kandungan vitamin, mineral, dan lemak sehat dalam ikan cod atau kod memberikan manfaat kesehatan yang signifikan. Ikan ini kaya akan vitamin B12, merupakan bagian penting dari saraf dan sel darah dalam tubuh. Vitamin ini juga membantu mencegah anemia dengan menjaga sel darah merah dalam kondisi baik.

Manfaat kesehatan lain dari ikan cod, termasuk menurunkan kolesterol, Mengontrol tekanan darah tinggi (hipertensi), mengurangi risiko penyakit jantung, dan meningkatkan fungsi otak.

Itulah pembahasan tentang jenis ikan laut dan manfaatnya. Makan ikan sehat dan enak. Semoga informasi ini bermanfaat.

paket obat isolasi mandiri doktersehat

 

  1. Anonim. 2020. Health Benefits of Cod. https://www.webmd.com/diet/health-benefits-cod#1 (Diakses pada 22 Juli 2021)
  2. Anonim. 2020. Health Benefits of Anchovies. https://www.webmd.com/diet/health-benefits-anchovies#1 (Diakses pada 22 Juli 2021)
  3. Anonim. Tanpa Tahun. Skipjack tuna Nutrition facts. https://www.nutrition-and-you.com/skipjack-tuna.html (Diakses pada 22 Juli 2021)
  4. Anonim. 2020. Barracuda Fish Health Benefits And Nutrition Facts. https://sunsamayal.com/?p=506 (Diakses pada 22 Juli 2021)
  5. Anonim. Tanpa Tahun. Mullet Fish facts and nutrition. https://www.healthbenefitstimes.com/mullet-fish/ (Diakses pada 22 Juli 2021)
  6. Anonim. 2020. Health Benefits of Tuna. https://www.webmd.com/diet/health-benefits-tuna#1 (Diakses pada 22 Juli 2021)
  7. Staughton, John. 2020. Red Snapper: Nutrition & Benefits. https://www.organicfacts.net/red-snapper.html (Diakses pada 22 Juli 2021)
  8. Staughton, John. 2021. 7 Incredible Benefits Of Barramundi. https://www.organicfacts.net/health-benefits/animal-product/barramundi.html (Diakses pada 22 Juli 2021)


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi