Terbit: 20 Oktober 2020
Ditulis oleh: Mutia Isni Rahayu | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Berapa banyak jenis buah berry yang Anda ketahui? Jenis-jenis buah berry ternyata sangatlah banyak dan semuanya menawarkan kelezatan serta manfaat kesehatan yang sayang sekali jika dilewatkan, lho!

20 Jenis Buah Berry yang Lezat dan Kaya Manfaat

Jenis Buah Berry untuk Dikonsumsi Setiap Hari

Menurut istilah botani, beri diartikan sebagai buah sederhana dengan biji dan daging buah yang dihasilkan dari satu ovarium dari satu bunga. Ada banyak buah yang memiliki nama berry namun sebenarnya bukan termasuk jenis buah berry secara botani. Secara awam, berry diartikan sebagai buah kecil berdaging yang dapat dimakan.

Baik buah berry asli secara botani maupun buah yang dikenal sebagai berry karena namanya, keduanya biasanya memiliki kandungan vitamin, mineral, dan antioksidan yang tinggi.

Berikut adalah jenis-jenis berry yang dikenal masyarakat berikut manfaatnya:

1. Blueberry

Blueberry adalah salah satu jenis buah berry yang paling populer. Buah ini memiliki kandungan serat, vitamin C, vitamin K, mangan, dan antioksidan yang tinggi.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

Manfaat blueberry untuk kesehatan antara lain seperti menurunkan risiko penyakit jantung dan menurunkan risiko diabetes. Buah ini juga digadang-gadang baik untuk kesehatan otak, tapi masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk memastikan manfaat yang satu ini.

Baca Juga: 15 Manfaat Blueberry bagi Kesehatan Tubuh

2. Cranberry

Selanjutnya adalah cranberry yang memiliki rasa asam tapi manfaatnya sangat besar untuk kesehatan.

Buah ini lebih sering dikonsumsi sebagai jus atau diolah menjadi selai. Cranberry kaya akan serat, vitamin C, mangan, dan antioksidan. Buah ini dipercaya dapat menurunkan risiko infeksi saluran kemih dan mencegah bakteri H. pylori –yang bisa memicu maag hingga kanker– menempel di dinding perut dan menyebabkan infeksi.

Baca Juga: 11 Manfaat Cranberry untuk Kesehatan dan Kandungan Nutrisinya

3. Anggur

Kandungan anggur seperti serat, vitamin C, dan vitamin K sangat dibutuhkan tubuh. Kulit dan biji anggur merupakan sumber antioksidan polifenol yang sangat baik.

Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi anggur atau kismis dapat menurunkan risiko diabetes tipe 2 hingga 12%. Penelitian lain menunjukkan bahwa konsumsi buah berry satu ini dapat menurunkan stres oksidatif dan kadar kolesterol pada individu dengan kolesterol tinggi.

4. Raspberry

Selain dapat dimakan langsung, raspberry juga umumnya diolah sebagai hidangan penutup.

Sebanyak satu cangkir buah ini dapat memenuhi kebutuhan vitamin C dan mangan Anda hingga 36%. Raspberry juga mengandung vitamin K, serat, dan antioksidan ellagitannin. Berkat antioksidan di dalamnya, buah ini dapat menurunkan stres oksidatif serta berpotensi menjaga kesehatan jantung.

5. Goji Berry

Goji berry bukan hanya buah yang kaya nutrisi, tapi juga sangat berguna dalam pengobatan tradisional Cina.

Buah ini memiliki kandungan vitamin A dan senyawa zeaxanthin yang tinggi. Hal ini membuat buah goji berry baik untuk kesehatan mata. Selain itu, buah ini juga dipercaya dapat meningkatkan metabolisme dan mendukung penurunan berat badan.

Baca Juga: 9 Manfaat Goji Berry, Mengatasi Infeksi hingga Disfungsi Ereksi

6. Strawberry

Secara botani, strawberry bukan jenis buah berry. Namun, popularitas dan manfaat buah ini tentunya tidak diragukan lagi.

Strawberry adalah sumber vitamin C yang baik. Mengonsumsi satu cangkir buah ini dapat memenuhi kebutuhan vitamin C hingga 97% dari kebutuhan harian. Buah ini juga terbukti dapat menurunkan risiko penyakit jantung dan dapat membantu mengontrol gula darah.

7. Bilberry

Bilberry atau disebut juga huckleberry sangat mirip dengan blueberry, bahkan dijuluki sebagai blueberry Eropa.

Buah ini dipercaya efektif mengurangi peradangan dan juga merupakan sumber serat, vitamin C, dan vitamin E yang baik bagi tubuh. Bilberry juga ampuh menurunkan kolesterol dan dapat mendukung penurunan berat badan.

8. Acai Berry

Buah berry lain yang tidak kalah sehat dan tinggi antioksidan adalah acai berry.

Kandungan antioksidan acai berry bahkan dipercaya 10 kali lipat lebih banyak dibandingkan blueberry. Berkat antioksidannya yang tinggi, buah ini dipercaya dapat mengurangi kolesterol, mencegah stres oksidatif, hingga mengurangi gejala osteoarthritis.

9. Blackberry

Sama seperti strawberry, blackberry juga bukan merupakan buah berry secara botani. Namun, buah satu ini adalah salah satu yang paling lezat dan juga paling sehat.

Blackberry kaya serat dan merupakan sumber vitamin C serta antioksidan. Satu cangkir blackberry dapat memenuhi hingga 50% kebutuhan vitamin C harian. Buah ini juga merupakan sumber mangan dan vitamin K. Makan blackberry setiap hari dapat membantu menjaga kesehatan jantung.

10. Raspberry Hitam

Raspberry hitam sangat mirip dengan blackberry dari segi penampilan, namun kedua buah ini pada dasarnya memiliki rasa yang berbeda.

Secangkir buah ini dapat memenuhi kebutuhan vitamin C hingga 58%. Selain itu, raspberry hitam juga memiliki sifat antikarsinogenik, yang artinya buah ini berpotensi melindungi Anda dari kanker.

11. Mulberry Merah

Mulberry merah murbei merah mirip dengan raspberry, namun lebih panjang dan juga lebih tipis.

Murbei merah memiliki kandungan vitamin C, vitamin K, dan zat besi. Jumlah vitamin C untuk satu cangkir mulberry dapat memenuhi hingga 85% kebutuhan vitamin C harian. Manfaat buah ini antara lain seperti membantu mengontrol gula darah dan membantu mencegah obesitas.

12. Mulberry Putih

Selain varietas yang berwarna merah, Anda juga dapat menemukan mulberry atau murbei yang berwarna putih.

Nutrisi yang terkandung dalam mulberry putih dan manfaatnya kurang lebih sama dengan yang warna merah. Keduanya juga lebih umum dijual dalam bentuk kering daripada dalam bentuk segar.

13. Elderberry

Elderberry adalah buah beri dengan rasa asam dan pahit. Buah satu ini lebih umum tersaji dalam bentuk teh.

Buah ini memiliki kandungan antioksidan antosianin tinggi yang memiliki banyak manfaat kesehatan. Selain itu, kandungan vitamin C dalam secangkir elderberry juga dapat memenuhi hingga 87% dari kebutuhan harian.

Baca Juga: 10 Manfaat Elderberry bagi Kesehatan dan Kandungannya

14. Gooseberry

Gooseberry dikenal dengan rasa asam namun lezat yang dimilikinya. Jika sudah matang, Anda juga dapat menemukan sedikit rasa manis.

Gooseberry hadir dalam berbagai varietas dengan warna merah, ungu, kuning, dan putih. Buah yang memiliki warna lebih gelap biasanya memiliki kadar antioksidan antosianin yang lebih tinggi.

15. Chokeberry

Chokeberry atau aronia adalah salah satu jenis buah berry yang memiliki rasa paling pahit. Kandungan tanin yang tinggi dalam buah ini juga bisa menimbulkan sensasi mulut kering ketika dimakan.

Meskipun begitu, chokeberry memiliki beberapa manfaat kesehatan seperti meningkatkan fungsi pembuluh darah dan komposisi bakteri usus, memperkuat sistem kekebalan tubuh, hingga mencegah kerusakan oksidatif.

16. Cloudberry

Cloudberry memiliki bentuk seperti “cloud” atau “awan” dengan warna kuning jingga yang cerah. Keunggulan berry yang satu ini adalah kandungan vitamin C yang sangat tinggi. Secangkir buah ini dapat memenuhi 368% dari kebutuhan vitamin C harian.

Selain itu, buah ini juga lebih tinggi kadar proteinnya dari beri pada umumnya. Sebuah studi sel juga membuktikan bahwa buah ini dapat melindungi dari oksidasi kolesterol “jahat”.

17. Salmonberry

Salmonberry adalah berry dengan warna oranye cerah dan memiliki rasa agak manis, agak asam, serta tekstur sangat berair.

Buah berry satu ini merupakan sumber vitamin A, C, E, dan K yang baik bagi tubuh. Salmonberry juga mengandung antioksidan polifenol dalam jumlah tinggi.

18. Lingonberry

Lingonberry adalah buah berry berwarna merah dengan ukuran kecil yang memiliki rasa pahit asam. Buah ini dapat diolah menjadi selai, sirup, atau sebagai tambahan smoothie.

Lebih disarankan untuk mengonsumsi buah ini secara langsung dibandingkan dalam bentuk suplemen. Studi menunjukkan bahwa serat dalam lingonberry dapat membantu mencegah lonjakan gula darah, namun manfaat ini tidak didapatkan dari konsumsi suplemen.

19. Loganberry

Loganberry adalah persilangan hibrida antara raspberry dan blackberry, yang membuat buah ini juga mirip dengan mulberry merah.

Ketika memakannya, Anda akan merasakan rasa antara raspberry dan blackberry. Buah ini juga tinggi akan vitamin C dan flavonoid seperti buah beri lainnya.

20. Tayberry

Tayberry sangat mirip dengan loganberry karena juga merupakan perpaduan antara raspberry dan blackberry.

Loganberry adalah hasil persilangan yang tidak sengaja, sedangkan tayberry merupakan hasil budidaya secara khusus. Hal ini membuat tayberry memiliki rasa yang lebih manis dan ukuran yang lebih baik daripada loganberry.

Itu dia jenis-jenis berry yang populer dan dapat dikonsumsi. Meskipun tidak semua buah di atas merupakan berry secara botani, tapi manfaat kesehatan serta kelezatannya tentunya sangat sayang jika Anda lewatkan. Selamat mencoba dan semoga informasi ini bermanfaat!

 

  1. Anonim. Berry. https://www.britannica.com/science/berry-plant-reproductive-body. (Diakses 20 Oktober 2020).
  2. Anonim. 3 Types of Berries: List of Berries With Their Picture and Name. https://leafyplace.com/types-of-berries/. (Diakses 20 Oktober 2020).
  3. Joseph, Michael. 2016. 20 Types of Berries and Their Health Benefits. https://www.nutritionadvance.com/types-of-berries/. (Diakses 20 Oktober 2020).
  4. Robertson, Ruairi. 2020. The 8 Healthiest Berries You Can Eat. https://www.healthline.com/nutrition/8-healthy-berries. (Diakses 20 Oktober 2020).


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi