Terbit: 19 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Hanya tinggal hitungan hari, kita akan memasuki bulan suci Ramadhan. Pada bulan Ramadhan nanti, kita yang beragama Islam diwajibkan untuk melakukan ibadah puasa. Nah, sebelum melakukan ibadah puasa, ada baiknya untuk mempersiapkan diri terlebih dahulu agar tubuh tidak kaget sehingga bisa beradaptasi lebih cepat.

Jelang Puasa, Ibu Menyusui Harus Banyak Mengonsumsi Makanan ini

Pada artikel sebelumnya, kita sudah membahas mengenai persiapan puasa bulan Ramadhan. Kali ini, kita akan membahas mengenai persiapan yang harus dilakukan oleh ibu menyusui yang ingin melakukan ibadah puasa. Sebab, bagaimanapun juga ibu menyusui harus memperhatikan betul asupan nutrisi karena berpengaruh pada kondisi tubuh serta bayinya.

Nah, berikut ini adalah asupan gizi seimbang yang harus Anda penuhi saat dan sebelum berpuasa.

Protein

Jika Anda ingin tetap melakukan ibadah puasa, ada baiknya Anda banyak mengonsumsi protein dari sekarang. Sebab, protein bisa memberikan cadangan energi yang baik untuk tubuh Anda sehingga mengurangi risiko kelelahan saat berpuasa nanti. Selain itu, protein juga bisa membantu dalam memperbaiki sel yang rusak. Adapun makanan mengandung protein seperti ikan, kacang-kacangan, kedelai, dan sebagainya.

Perbanyak Cairan

Seseorang bisa hidup dengan tidak makan, tapi sangat sulit untuk bertahan jika tidak minum. Hal itupun terjadi saat puasa, banyak yang gagal melakukan puasa karena rasa haus yang tak tertahankan. Maka dari itu, perbanyak cairan mulai dari sekarang, seperti minum air putih dan mengonsumsi buah serta sayuran. Hal ini juga baik bagi kesehatan Anda yang sedang menyusui agar tubuh tetap prima.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

Karbohidrat

Saat berpuasa, tentunya Anda membutuhkan makanan yang bisa memberikan efek kenyang. Nah, untuk itu perbanyaklah konsumsi makanan yang kaya akan karbohidrat, seperti nasi. Selain itu, karbohidrat juga bisa memenuhi kebutuhan ASI sehingga jika Anda menyusui saat puasa, maka tubuh Anda akan tetap prima.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi