Terbit: 7 Mei 2018 | Diperbarui: 8 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Selalu pastikan bayi tidur dengan posisi yang aman di tempat tidurnya dan tidak mudah terjatuh. Meski terlihat sepele, terjatuh dari tempat tidur bisa memicu cedera yang sangat parah. Hal inilah yang terjadi pada bayi berusia enam bulan dari Arkansas, Amerika Serikat, bernama Little Colton.

Jatuh dari Tempat Tidur, Tengkorak Bayi Ini Retak

Dilansir dari Metro.co.uk, meskipun jarak antara kasur dan lantai tidak terlalu tinggi, Colton terjatuh dengan kepala yang menghantam lantai terlebih dahulu. Ia pun langsung menangis sejadi-jadinya, namun kemudian kehilangan kesadaran. Sang ibu, Paige Ferguson pun langsung melarikannya ke rumah sakit.

Mengalami benturan keras saat terjatuh, Colton mengalami retak tulang tengkorak. Hal ini membuat separuh dari total darah dalam tubuhnya masuk ke dalam otak. Sang ibu yang diberi tahu kondisi ini oleh dokter bahkan sampai berpikir jika buah hatinya tidak akan mampu bertahan hidup.

Kini Colton masih dalam perawatan intensif. Paige bahkan berpikir jika andai Colton selamat, mungkin Ia akan mengalami cacat atau kondisi lainnya. Ia pun mengunggah foto-foto buah hatinya di media sosial Facebook dan menceritakan kejadian ini agar orang tua lainnya lebih waspada dan tidak sampai mengalami kejadian seperti dirinya.

“Pastikan anak terlindungi di tempat tidur agar tidak mudah terjatuh. Jika sampai terjatuh, pastikan untuk segera memeriksa kepalanya ke dokter,” ucap Paige.

Beruntung, dokter menyebut Colton mengalami kemajuan yang sangat cepat. Satu bulan lalu, Colton diperkirakan tidak akan selamat, namun kini ia mampu bertahan hidup meskipun ada kemungkinan akan mengalami gangguan seperti epilepsi, cerebral palsy, atau masalah lainnya.

Selalu berikan pembatas di bagian pinggir kasur jika memiliki bayi. Pastikan bahwa pembatas ini tidak mudah tergeser saat bayi berguling atau bergerak, sehingga tidak akan membuat mereka mudah jatuh.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi