10 Obat Sakit Perut dari Bahan Alami

doktersehat-sakit-perut

DokterSehat.Com– Ada berbagai alternatif obat sakit perut yang dapat digunakan ketika mengalami gangguan di perut. Mulai dari yang alami hingga obat generik, kira-kira mana yang lebih baik dan lebih ampuh mengobati sakit perut?

Obat Sakit Perut Alami

Sakit perut memang sangat umum sehingga setiap orang mengalaminya. Ada banyak alasan mengapa Anda mungkin sakit perut. Sebagian besar penyebab sakit perut tidak serius dan gejalanya berlalu dengan cepat. Untuk mengatasi sakit perut, Anda bisa menggunakan bahan alami sebagai obat sakit perut:

1. Jahe

Sejak dahulu, orang-orang telah beralih menggunakan jahe sebagai obat sakit perut alami, yang juga bisa mengatasi rasa mual. Penelitian telah menunjukkan bahwa jahe dapat menjadi pengobatan yang sangat efektif untuk beberapa jenis sakit perut.

Anti-inflamasi alami, jahe tersedia dalam berbagai bentuk, yang semuanya dapat membantu. Jahe dapat dikonsumsi dengan cara mengunyah sebagai suplemen, sementara orang lain lebih menyukai jahe dalam bentuk minuman. Cobalah membuat rebusan jahe segar dengan menambahkan sedikit gula merah sebagai minuman.

2. Teh chamomile

Obat sakit perut alami berikutnya dengan meminum secangkir teh chamomile, yang dapat membantu meringankan rasa sakit karena sakit perut yang berkhasiat sebagai anti-inflamasi. Sifat anti-inflamasi ini membantu otot perut rileks, yang dapat mengurangi rasa sakit kram dan kejang.

3. Cuka sari apel

Jika Anda dapat mencernanya, cobalah minum obat alami sakit perut ini sebanyak satu sendok makan untuk menetralkan sakit perut. Jika terlalu kuat, campur satu sendok makan cuka sari apel dengan secangkir air dan satu sendok teh madu, kemudian teguk secara perlahan.

Asam dalam cuka sari apel dapat membantu mengurangi pencernaan pati, memungkinkan pati untuk sampai ke usus dan menjaga bakteri di usus sehat. Beberapa orang menggunakan sesendok setiap hari sebagai tindakan pencegahan.

4. Diet BRAT

Setiap orangtua dari balita tahu tentang diet banana, rice, apple, dan toast bread (BRAT) sebagai obat alami sakit perut. Juga dapat membantu mual atau diare.

BRAT mengandung makanan rendah serat dan mengikat tinggi. Tak satu pun dari makanan ini mengandung garam atau rempah-rempah, yang dapat memperparah gejala lebih lanjut. Diet hambar ini adalah sesuatu yang masuk akal ketika Anda merasa sakit perut tetapi masih harus makan sesuatu. Cobalah banyak mengonsumsi roti panggang, yang dapat mengurangi rasa mual.

5. Wortel

Daripada terburu-buru minum obat nyeri perut atau maag yang belum tentu efektif mengatasi sakit perut, ada baiknya mengonsumsi obat sakit perut alami berupa sayuran, seperti wortel.

Untuk mendapatkan khasiat terbaik dari wortel, kita hanya perlu mencampurkan secangkir jus wortel segar dengan 3 atau 4 lembar daun mint. Setelah semua bahan ini diaduk hingga merata, kita tinggal meminumnya setelah makan untuk mengatasi perut yang tidak nyaman atau sakit.

Bagaimana mengonsumsi campuran jus wortel bisa menyembuhkan sakit perut?

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa wortel kaya akan kandungan antioksidan, serat, dan vitamin A. Berbagai kandungan ini bisa menurunkan produksi asam lambung atau asam pencernaan lainnya yang berlebihan pada perut. Hal ini tentu akan membuat masalah sakit perut seperti gastritis akan semakin mereda.

6. Daun mint

Sementara itu, obat herbal sakit perut ini juga memiliki kemampuan dalam menetralkan keasaman pada perut. Efek dingin dari daun ini juga akan menenangkan perut sehingga sakit perut pun segera mereda.

Jadi, tak usah terburu-buru untuk minum obat maag atau obat sakit perut lainnya, dengan minum jus wortel dan daun mint ini, kita bisa mengatasi sakit perut dengan lebih aman dan lebih efektif.

7. Air jeruk nipis atau lemon, soda kue, dan air

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mencampurkan obat herbal sakit perut, yang terdiri dari jeruk nipis atau air jeruk nipis dalam air dengan sedikit soda kue dapat membantu meredakan berbagai keluhan pencernaan, seperti sakit perut.

Campuran ini menghasilkan asam karbonat, yang dapat membantu mengurangi gas dan gangguan pencernaan. Ini juga dapat meningkatkan sekresi hati dan mobilitas usus. Keasaman dan nutrisi lain dalam jeruk nipis atau jus lemon dapat membantu mencerna dan menyerap lemak dan alkohol sambil menetralisir asam empedu dan mengurangi keasaman di lambung.

Sebagian besar resep tradisional merekomendasikan pencampuran dengan jumlah berikut:

  • 1 sendok makan jus lemon atau jeruk nipis segar
  • 1 sendok teh soda kue
  • 8 ons air bersih

8. Kayu manis

Obat untuk sakit perut ini mengandung beberapa antioksidan yang dapat membantu meringankan pencernaan dan mengurangi risiko iritasi dan kerusakan pada saluran pencernaan. Beberapa antioksidan dalam kayu manis meliputi:

  • Eugenol
  • Cinnamaldehyde
  • Linalool
  • Kamper

Zat lain dalam kayu manis dapat membantu mengurangi gas, kembung, kram, dan bersendawa. Obat herbal sakit perut ini juga dapat membantu menetralkan keasaman lambung untuk mengurangi mulas dan gangguan pencernaan.

Orang yang menderita sakit perut dapat mencoba menambahkan 1 sendok makan bubuk kayu manis berkualitas baik, atau satu inci batang kayu manis, ke makanan mereka. Atau, mereka bisa mencoba mencampur kayu manis dengan air panas untuk membuat teh. Lakukan cara ini dua atau tiga kali sehari dapat membantu meredakan gangguan pencernaan.

9. Cengkeh

Cengkeh mengandung zat yang dapat membantu mengurangi gas di lambung dan meningkatkan sekresi lambung. Ini dapat mempercepat pencernaan yang lambat, yang dapat mengurangi tekanan dan kram. Obat untuk sakit perut dari bahan rempah ini juga dapat membantu mengurangi mual dan muntah.

Penderita sakit perut dapat mencoba mencampur 1 atau 2 sendok teh bubuk cengkeh dengan 1 sendok teh madu satu kali sehari sebelum tidur. Untuk mual dan mulas, mereka bisa menggabungkan cengkeh dengan 8 ons air mendidih, bukan untuk membuat teh cengkeh, yang harus mereka minum perlahan-lahan sekali atau dua kali sehari.

10. Air kelapa

Obat tradisional sakit perut selanjutnya air kelapa karena mengandung kadar potasium dan magnesium yang tinggi. Nutrisi ini membantu mengurangi rasa sakit, kejang otot, dan kram.

Air kelapa juga berguna untuk rehidrasi dan merupakan pilihan yang lebih baik daripada kebanyakan minuman olahraga karena juga rendah kalori, gula, dan keasaman.

Secara perlahan, minum hingga 2 gelas air kelapa setiap 4-6 jam dapat meredakan gejala sakit perut.

Selamat mencoba, Teman sehat! Semoga cara mengobati sakit perut alami ini berguna bagi Anda dan keluarga.