Terbit: 7 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Kebanyakan orang menyimpan daging ayam di rak paling atas kulkas karena berpikir jika posisi rak ini paling dekat dengan freezer bersuhu dingin sehingga akan mampu menjaga keawetan daging ini dengan lebih baik. Sayangnya, menurut pakar kesehatan, ada baiknya kita tidak menempatkan daging ayam di posisi tersebut. Apa alasan dari rekomendasi ini?

Jangan Tempatkan Daging Ayam di Rak Atas Kulkas!

Dilansir dari Mirror, pakar kesehatan dan gizi bernama Many Sacher menyarankan kita untuk tidak sembarangan dalam menempatkan daging ayam di dalam lemari es. Dalam sebuah wawancara, Sacher berkata bahwa kita kerap melakukan kesalahan dalam menyimpan bahan makanan bahkan sejak baru saja sampai di rumah setelah berbelanja.

Jika kita menempatkan daging ayam di rak bagian atas, maka besar kemungkinan bakteri di dalam daging mentah ini mengontaminasi berbagai bahan makanan lain yang ada di bawahnya. Sacher sendiri lebih menyarankan kita untuk menempatkannya di rak bagian bawah sehingga risiko untuk memicu kontaminasi silang bakteri bisa ditekan.

Tak hanya dalam hal posisi menempatkan daging ayam di kulkas, Sacher juga memberikan tips lain untuk mengolahnya, yakni jangan pernah mencucinya saat sebelum diolah. Jika kita melakukannya, maka berbagai bakteri yang ada pada daging ayam akan menyebar pada seluruh permukaan dapur, peralatan memasak, atau bahkan peralatan masak.

Sacher lebih menyarankan kita untuk menggunakan tisu penyerap minyak untuk mengelap daging ayam mentah tersebut atau bahkan sama sekali tidak mencucinya dan langsung memasaknya begitu saja. Baginya, memasak daging ayam secara langsung sudah cukup untuk membuat bakteri yang ada mati sebelum dikonsumsi.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement

Kalau Sobat Sehat setuju tidak dengan pendapat dari ahli nutrisi ini?


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi