Terbit: 5 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Pasca melahirkan, banyak wanita yang lebih memilih untuk beristirahat di rumah selama beberapa minggu, bahkan beberapa bulan. Hal tersebut dikarenakan kondisi fisik yang masih lemas dan harus mengurus sang buah hati yang baru saja dilahirkan. Namun, di sisi lain tak jarang juga muncul keinginan berolahraga untuk membuat tubuh kembali langsing layaknya sebelum persalinan.

Jangan Takut Olahraga Setelah Melahirkan, Gunakan 3 Tips ini!

Ada beberapa kendala yang menjadikan orang enggan atau takut berolahraga setelah melahirkan. Misalnya takut karena kondisi fisik melemah serta takut kualitas ASI menjadi tidak baik karena terlalu lelah beraktivitas. Padahal, perlu diketahui sebelumnya, fitnes tidak hanya harus latihan beban, tapi ada beberapa jenis latihan ringan lainnya yang aman Anda lakukan.

Justru, dengan melakukan peregangan ringan, kualitas ASI akan membaik karena tubuh Anda dalam keadaan serta kondisi yang prima. Nah, agar Anda tidak takut lagi, berikut adalah 3 tips fitnes bagi yang baru saja melahirkan.

1. Cross Trainer

Mungkin bagi pelaku fitnes sudah tidak asing lagi dengan latihan yang satu ini. Ya, cross trainer merupakan salah satu latihan ringan dalam dunia kebugaran. Jenis latihan ini adalah lari pengulangan menggunakan alat bantu berupa mesin. Latihan ini terbukti bisa mengembalikan bentuk tubuh seperti saat sebelum melahirkan. Namun, lakukanlah sewajarnya saja dan tidak terlalu menguras tenaga.

2. Pilates

Pilates adalah salah satu jenis olahraga yang biasa disebut yoga kontemporer. Pilates sendiri merupakan gerakan yang berfungsi untuk melatih otot tubuh, mulai otot perut, panggul, tangan , hingga kaki. Jadi, latihan ini aman dilakukan pasca melahirkan. Tapi Anda harus dipandu dengan instruktur agar latihan mendapatkan hasil maksimal.

3. Yoga

Mungkin olahraga ini adalah salah satu yang terbaik dan aman dilakukan setelah melahirkan. Selain baik untuk menjaga kebugaran fisik, yoga terbukti bisa memberikan dampak positif untuk pikiran atau mental seseorang. Dengan rutin melakukan yoga setelah melahirkan, emosional Anda akan menjadi lebih baik serta fisik akan menjadi lebih bugar.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi