Ingin Melahirkan Normal? Ini yang Harus Anda Tahu

Doktersehat-melahirkan-normal

DokterSehat.Com – Melahirkan normal merupakan sebuah keinginan dari semua ibu hamil. Akan tetapi membayangkan bayi keluar dari lubang vagina, membuat banyak wanita takut untuk menjalani persalinan normal. Apakah proses melahirkan normal menyakitkan?

Pertanyaan itu muncul karena asumsi tentang rasa sakit yang luar biasa saat melahirkan normal terlalu dibesar-besarkan, sehingga gambaran rasa sakit itu terlanjur melekat di pikiran para wanita.

Oleh karena itu, akan lebih baik agar calon ibu mempelajari proses melahirkan normal dengan mengikuti kelas persalinan yang diselenggarakan oleh rumah sakit atau bertanya kepada ibu lain yang sudah pernah melahirkan normal sebelumnya.

Proses Melahirkan Normal

Perlu diketahui, proses melahirkan normal yang dialami tiap wanita berbeda-beda. Namun yang pasti, Anda akan melewati tiga tahapan persalinan yang tiap fasenya memiliki sensasi yang berbeda-beda.

  • Kontraksi awal

Pada tahap pertama melahirkan normal, tubuh sudah mulai mempersiapkan diri untuk melahirkan. Anda akan mengalami fase awal, fase aktif dan fase transisi.

Pada fase awal atau yang sering disebut fase laten, kontraksi sudah bisa mulai terasa. Intensitas kontraksi yang terjadi kali ini masih belum terlalu kuat dan belum muncul secara rutin. Selain kontraksi, biasanya Anda juga akan mengalami kram, sakit punggung, dan keluarnya lendir darah dari vagina akibat serviksmu yang sudah mulai terbuka. Air ketubanmu bisa pecah saat ini atau bisa juga tidak. Jika sudah pecah, segera hubungi dokter.

Selanjutnya, Anda akan memasuki fase aktif. Kali ini, kontraksi yang muncul bisa lebih kuat, Intensitas kehadirannya juga sudah rutin dengan jarak yang berdekatan. Rasa mual dan kram kaki juga mungkin kamu rasakan di fase ini. Jika air ketubanmu masih utuh di fase awal, kemungkinan besar akan pecah di fase ini.

Sedangkan yang terakhir adalah fase transisi, yaitu ketika kontraksi sudah mulai terasa sangat kuat dan tajam. Kondisi ini ditandai dengan kepala bayi yang mulai bergerak turun dari rahim dan keinginan untuk mengejan juga sudah mulai terasa.

  • Proses mengejan

Pada tahap kedua ini, tenaga Anda akan banyak terkuras karena proses mengejan dari rahim terjadi di tahap ini. Dorongan untuk mengejan akan muncul di tiap kontraksi. Anda akan merasakan perih ketika kepala bayi sudah mulai keluar dari vaginamu. Proses mengejan bisa memakan waktu beberapa menit hingga beberapa jam

  • Mengeluarkan plasenta

Setelah melewati proses mengejan yang banyak mengeluarkan tenaga dan bayi telah keluar dari rahim dengan sempurna, namun proses melahirkan normal belumlah selesai. Karena Anda masih harus mengeluarkan plasenta dari rahim

Di fase ini, kontraksi akan kembali muncul untuk membantu proses mengeluarkan plasenta. Namun, kontraksi yang muncul dinilai ringan dan tidak menyakitkan seperti sebelumnya. Pada umumnya, tubuh akan terasa gemetaran atau panas-dingin.

Nah, itulah tahapan melahirkan normal yang harus Anda tahu. Melihatnya panjangnya proses melahirkan normal tentu membuat sebagaian besar calon ibu khawatir. Namun, ibu hamil sepertinya tidak perlu khawatir mengenai melahirkan normal, karena saat ini terdapat sebuah metode terapi yang bisa digunakan untuk mengurangi rasa sakit yaitu terapi hypnobirthing.

Terapi ini akan membuat Anda nyaman dan tidak merasa takut saat menjalani proses melahirkan normal. Asal kata dari hypnobirthing yaitu hypnotic dan birthing. Sebuah metode yang menanamkan sugesti positif ketika otak dalam keadaan rileks.

Metode ini dibutuhkan ketika seseorang mempercayai konsep melahirkan normal yang takut-tegang-sakit (fear-tension-pain), di mana ketakutan akan menimbulkan ketegangan atau kepanikan sehingga otot akan menjadi kaku dan akan menimbulkan rasa sakit.

Maka dari itu, jika Anda rileks, tidak takut, tidak cemas serta tidak panik saat melahirkan normal maka semuanya akan berjalan lancar, nyaman dan mudah. Meski begitu, memang akan ada kontraksi ketika akan melahirkan.

Kontraksi ini memang sakit, namun kontraksi ini sangat berguna dan membantu ibu untuk mengejan sehingga bayi dengan mudah menemukan jalan ke luarnya. Tetapi jika Anda tegang saat melahirkan normal maka bayi akan mengalami kesulitan keluar karena jalan untuk keluarnya bayi akan menjadi kaku.

Hal yang terbaik yang perlu dilakukan yaitu ikuti tekanan kepala bayi sambil Anda mengejan sehingga proses persalinan pun akan menjadi nyaman dan lebih cepat. Energi akan lebih banyak terbuang jika Anda kebanyakan teriak-teriak dan menjerit.

Pada dasarnya, terapi persalinan normal ini akan mengajarkan Anda lebih memahami dan melepaskan tentang fear-tension-pain yang membuat Anda tidak nyaman dan kesakitan yang sangat luar biasa selama proses melahirkan normal.

Jika Anda sudah menguasai hypnobirthing dengan benar, maka Anda akan memiliki keahlian secara visual dan lisan mengenai cara alamiah yang ideal buat melahirkan normal. Metode ini akan lebih mempercayai insting tubuh yang bekerja dalam keselarasan irama ketika melahirkan.