Jangan Takut, Latihan Beban Tidak Akan Membuat Otot Anda Seperti Binaragawan

latihan-beban-doktersehat
Photo Credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Latihan beban merupakan salah satu jenis latihan umum yang dilakukan dengan memanfaatkan kekuatan gravitasi untuk membangun kekuatan fisik dan menambah ukuran otot sehingga otot menjadi kuat. Latihan beban juga dapat membentuk tubuh lebih cepat. Jenis olahraga yang termasuk ke dalam latihan beban adalah binaragawan, angkat besi, angkat berat, lempar cakram, lempar lembing, dan sebagainya.

Photo Credit : pexels.com

Umumnya, latihan beban banyak dilakukan oleh pria di pusat kebugaran. Mereka memilih pusat kebugaran karena terdapat banyak alat yang bisa dilakukan untuk mendukung latihan mereka. Disamping itu, jika di pusat kebugaran mereka akan dilatih oleh Professional Training agar lebih aman dan tahu bagaimana cara melakukan latihan beban yang benar.

Meskipun latihan beban ini sangat membutuhkan tenaga yag kuat jika ingin melakukannya sehingga hanya bisa dilakukan oleh pria, namun ternyata wanita juga bisa melakukannya. Terbukti dengan banyaknya wanita terutama dari kalangan artis yang juga melakukan latihan beban, seperti Agnes Monica dan masih banyak artis lainnya.

Latihan beban memang tidak terlalu banyak diminati oleh wanita, karena mereka berpikir jika melakukan latihan beban, maka tubuh mereka akan menjadi kekar dan berotot seperti pria. Jika hal tersebut terjadi, maka mereka takut tidak memiliki bentuk tubuh yang ramping lagi. Apakah ketakutan mereka tentang latihan beban tersebut benar?

Teuku Aufra Maretto, seorang Fitness Educator dari Asosiasi Pelatih Kebugaran Indonesia (APKI) menjelaskan jika latihan beban akan memberikan keuntungan bagi wanita, seperti meningkatkan metabolisme tubuh, serta menjadikan tulang lebih padat sehingga terhindar dari penyakit tulang.

Wanita yang melakukan latihan beban, tidak serta merta membuat otot mereka menjadi kekar seperti seorang binaragawan dalam waktu cepat. Otot akan terbentuk jika mereka melakukan latihan beban selama bertahun-tahun, namun tidak sekekar binaragawan. Lagipula pada kodratnya, wanita tidak mempunyai hormon  testosteron yang melebihi laki-laki. Hormon inilah yang berfungsi untuk merangsang pertumbuhan otot. Kecuali jika wanita menyuntikkan hormon ke dalam tubuh, maka otot akan mudah terangsang dan tumbuh menjadi besar.

Setelah Anda mengetahui jawabannya, mulai sekarang Anda tidak perlu takut lagi untuk melakukan latihan beban, karena tidak akan membuat tubuh Anda kekar dan berotot seperti binaragawan.