Jangan Takut Berenang Saat Sedang Menstruasi

berenang-saat-haid-doktersehat
Photo Credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Berenang memang salah satu olahraga yang mengasikkan. Apalagi jika berenang dengan kawan-kawan. Namun, ada satu hal yang ditakutkan oleh wanita saat berenang ialah saat mereka sedang menstruasi. Menstruasi merupakan siklus alami yang akan dialami oleh wanita setiap bulan. Pada saat berenang, Mereka takut darah haid akan tembus ke dalam air, meski bisa saja darah tersebut tidak keluar.

Photo Credit : pexels.com

Jika Anda sedang berenang di tempat umum, seperti di kolam renang umum, tentunya Anda akan merasa malu jika ada darah haid yang terlihat di sekitar Anda. Hal tersebut juga akan membuat orang lain merasa tidak nyaman dan jijik untuk berenang didekat Anda.

Mungkin Anda pernah membuat janji dengan teman-teman Anda untuk berenang, lalu di malam hari Anda tiba-tiba menstrusi, Tetapi Anda juga tidak bisa membatalkan janji tersebut. Alhasil, Anda akan tetap ikut namun tidak berani untuk berenang dan hanya melihatnya saja.

Mulai sekarang, Anda tidak perlu khawatir lagi, karena ada beberapa tips yang bisa membantu Anda berenang saat sedang menstruasi tanpa khawatir takut tembus lagi. Berikut tipsnya:

1. Gunakan Tampon

Tampon merupakan salah satu alat berbentuk silinder yang digunakan wanita saat menstruasi untuk mencegah kebocoran. Pada saat ingin berenang, Anda bisa menggunakan alat ini untuk menghindari darah haid tembus ke dalam air. Jika Anda tidak biasa menggunakan tampon karena cara pakainya dimasukkan ke dalam vagina, Anda bisa mencobanya terlebih dahulu di rumah. Jangan lupa untuk membawa persediaan tampon karena Anda harus selalu menggantinya.

2. Kenakan Celana Pendek

Cara ini bisa Anda coba jika Anda tidak nyaan menggunakan tampon. Anda bisa mengenakan celana dalam karena berfungsi untuk memberikan perlindungan ekstra dan menenangkan pikiran. Pilihlah celana pendek yang tidak terlalu longgar, setelah itu Anda bisa memakai baju renang. Hal tersebut memang terlihat aneh dan mungkin akan banyak orang melihat ke arah Anda, namun Anda harus percaya diri demi kenyamanan berenang Anda

3. Minum Obat Pereda rasa sakit

Pada saat sedang menstruasi, akan timbul gejala PMS seperti nyeri pinggang, kembung, dan sebagainya. Hal tersebut pasti akan sangat mengganggu jika Anda sedang berenang. Disarankan untuk meminum obat pereda sakit terlebih dahulu sebelum Anda berenang agar gejala PMS tersebut tidak datang sehingga Anda bisa berenang dengan tenang.