Jangan Terlalu Sering Menimbang Badan, Ini Dampaknya!

efek-sering-menimbang-badan-doktersehat
Photo Credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Bagi wanita, berat badan adalah hal yang sangat penting dan harus dijaga. Bagaimana tidak, dengan bertambahnya berat, penampilan akan berubah pula. Pakaian yang semula pas, menjadi lebih ketat saat dikenakan.

Hal tersebut dianggap bisa menurunkan penampilan. Maka tak heran, jika mengetahui bahwa berat badan naik walau sedikit saja, membuat wanita menjadi panik dan merasa bingung memikirkan cara menurunkannya kembali.

Photo Credit : pexels.com

Nah, selain membuat panik, ternyata ada efek lain yang akan Anda dapatkan jika terlalu sering menimbang berat badan. Apa saja efeknya?

1. Takut Makan

Salah satu akibat dari terlalu seringnya menimbang berat badan adalah Anda akan menjadi takut makan. Sebab, Anda akan menganggap bahwa makan bisa mengubah jarum angka timbangan. Padahal, walau Anda makan, berat Anda tidak akan langsung berubah begitu saja. Diperlukan waktu serta proses. Jadi tidak semudah itu berat badan  berubah hanya karena makan.

2. Menciptakan Obsesi Berlebihan

Saat Anda merasa berat badan tak kunjung turun, maka Anda akan melakukan segala cara untuk bisa menurunkannya. Anda akan memiliki obsesi yang berlebihan.  Misalnya, berolahraga secara sangat rutin dan memeras tenaga yang justru bisa membahayakan diri sendiri. Jadi, lakukanlah sewajarnya saja, jangan terlalu memaksakan diri karena bagaimanapun juga kesehatan Anda adalah yang utama.

3. Depresi

Ketika kita tidak mendapatkan sesuatu yang diinginkan mungkin akan merasa kecewa. Terlebih, keinginan tersebut tidak kunjung datang walau sudah melakukan segala cara. Dengan terus memikirkan berat badan, Anda bisa terancam depresi yang akhirnya menjadi gangguan psikologis. Jika sudah seperti itu, Anda dirugikan dua kali, yaitu berat badan tak turun dan Anda mengalami depresi.

Semoga hal-hal tersebut tidak terjadi pada Anda, ya!