Jangan Sepelekan,  Bau Keringat Bisa Menandakan Seseorang Sedang Tak Sehat

bau-keringat-doktersehat
Photo Credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Setiap orang pasti memiliki ciri khas bau badan yang berbeda. Bau badan tersebut disebabkan oleh keringat yang keluar saat sedang beraktivitas. Umumnya, bau badan yang sangat menyengat sering dihubungkan dengan masalah kebersihan. Jadi, jika ada seseorang yang memliki bau badan yang sangat menyengat maka orang tersebut dianggap memiliki kebiasaan buruk bahkan tidak pernah menjaga kebersihan tubuhnya.

Photo Credit : pexels.com

Namun, tahukah Anda jika bau badan yang tidak biasa juga bisa menjadi pertanda bahwa ada yang tidak beres dengan kesehatan. Misalnya, sedang terjangkit suatu penyakit atau karena pola makan yang salah. Nah, untuk mengetahuinya, berikut adalah jenis bau badan yang harus Anda perhatikan untuk mengetahui kesehatan Anda.

  • Bau Ikan Busuk

Jika keringat yang Anda keluarkan dari dalam tubuh membuat Badan Anda bau seperti ikan busuk, maka Anda mungkin saja mengalami Trimethylaminuria. Penyakit ini merupakan kelainan genetik yang menyebabkan bau badan bersifat kuat yang disebabkan oleh bakteri, serta kelebihan protein dalam makanan. Bukan hanya bau badan saja, melaikan bau urin, mulut, dan area lain yang rentan berkeringat.

  • Bau Telur Busuk

Saat keringat Anda mengeluarkan bau seperti telur busuk, maka kemungkinan besar Anda mengalami masalah pada pencernaan dalam tubuh. Penyebab dari masalah pencernaan ini adalah karena Anda terlalu banyak mengonsumsi daging yang sangat sulit untuk dicerna. Oleh sebab itu, jika Anda mengonsumsi daging terutama daging merah, maka imbangilah dengan makanan berserat seperti buah dan sayuran.

  • Bau Permen atau Gula

Bau badan seperti permen atau gula memang tidak akan mengganggu orang lain yang mengehendusnya. Namun, ini adalah pertanda bahwa Anda sedang terjangkit penyakit diabetes. Bau manis ini terjadi karena kadar keton tinggi dalam aliran darah. Dan jika urin Anda juga berbau yang sama, maka kemungkinanan besar Anda juga memiliki gangguan metabolisme.

  • Bau Kotoran

Jenis bau ini kemungkinan besar Anda mengalami obstruksi usus. Kondisi ini merupakan sebuah kondisi yang cukup berbahaya. Keringat berbau kotoran disebabkan oleh penyumbatan usus. Bukan hanya bau keringat saja, melainkan bau mulut Anda juga. Untuk itu, segeralah periksakan ke dokter supaya masalah ini bisa ditangani dengan cepat.