Aduh, Orang Berkaki Panjang Berisiko Kena Kanker Usus!

Flickr/Steve Gray

DokterSehat.Com– Ada banyak sekali faktor yang menyebabkan seseorang lebih berisiko terkena kanker kolorektal atau kanker usus besar seperti suka mengonsumsi daging merah atau terbiasa merokok. Namun, sebuah penelitian justru menghasilkan fakta bahwa mereka dengan kaki panjang ternyata juga memiliki risiko besar terkena penyakit ini.

Photo Source: Flickr/ Steve Gray

Dilansir dari LiveScience, disebutkan bahwa orang dengan kaki panjang memiliki risiko terkena kanker kolorektal 42 persen lebih tinggi dari mereka yang memiliki kaki lebih pendek. Fakta ini terungkap dari penelitian yang dilakukan oleh Guillaume Onyeaghala dan rekan-rekannya dari University of Minnesota, Amerika Serikat.

Orang-orang yang lebih tinggi cenderung memiliki usus besar lebih panjang. Sayangnya, hal ini berarti ada lebih banyak area yang bisa mengembangkan kanker. Selain itu, mereka juga memiliki hormon pertumbuhan yang lebih banyak yang ternyata ikut menjadi faktor penyebab kanker usus besar.

Para peneliti mengecek data 14.500 pria dan wanita dari Atherosclerosis Risk in Community Study. Data-data ini berupa tinggi tubuh secara keseluruhan, panjang tubuh bagian atas atau torso, dan panjang kaki. Dari data yang dikumpulkan selama 20 tahun ini, para peneliti juga mengecek berapa banyak partisipan yang mengembangkan kanker kolorektal.

Hasilnya adalah, satu-satunya faktor yang terkait dengan kanker usus besar adalah panjang kaki. Panjang tubuh keseluruhan ataupun panjang tubuh bagian atas tidak memiliki kaitan yang besar pada risiko kanker. Para peneliti kemudian mengecek perbedaan jenis kelamin. Hasilnya adalah, pria dengan kaki panjang meningkatkan risiko terkena kanker ini 91 persen lebih besar dari pria dengan kaki yang lebih pendek. Sementara itu, perbedaan panjang kaki pada wanita tidak memiliki pengaruh yang signifikan.

Coba cek kaki Sobat Sehat sekarang, termasuk panjang atau tidak?