Terbit: 19 November 2018 | Diperbarui: 24 Maret 2021
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Karena tidak sempat memasak atau bahkan makan di pagi hari akibat diburu waktu, banyak orang yang memilih untuk mengonsumsi minuman seperti jus jeruk sebagai sarapan. Logikanya, dengan mengonsumsi jus jeruk, kita akan mendapatkan banyak nutrisi sehat seperti vitamin yang tentu baik bagi tubuh. Sayangnya, menurut pakar kesehatan, minum jus jeruk saat perut berada dalam kondisi kosong justru berpotensi merugikan kesehatan.

Jangan Sarapan dengan Jus Jeruk, Ini Alasannya!

Sebuah penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam jurnal berjudul Cell Metabolism menghasilkan fakta tentang kebiasaan mengonsumsi jus jeruk di pagi hari. Menurut para peneliti yang berasal dari Princeton University ini, disebutkan bahwa fruktosa, kandungan gula yang ada di dalam buah seperti jeruk akan diolah di dalam usus halus bukannya hati. Hal ini sangatlah berbeda dengan anggapan sebelumnya yang menyebut gula diproses oleh hati.

“Jika konsumsi fruktosa dengan berlebihan, maka kelebihan dari gula alami ini akan dialirkan langsung ke usus halus dan bisa menyebabkan kerusakan atau gangguan pencernaan. Karena alasan inilah ada baiknya kita tidak mengonsumsi fruktosa dengan berlebihan, apalagi saat perut masih dalam kondisi kosong,” ungkap salah satu peneliti yang terlibat, Joshua Rabinowitz yang berasal dari Lewis-Sigler Institute for Integrative Genomics.

“Sebenarnya, mikrobioma yang ada di dalam usus kecil kita tidak dirancang untuk memproses fruktosa pada buah secara langsung, khususnya saat perut berada dalam kondisi kosong. Hal yang berbeda terjadi jika perut sudah terisi oleh makanan sebelumnya. Efek dari kerusakan ini tidak begitu besar,” lanjut Joshua.

Memang, penelitian ini masih membutuhkan penelitian lain yang lebih mendalam untuk mengetahui efek dari kandungan fruktosa pada buah, khususnya jus buah seperti jus jeruk. Hanya saja, pakar kesehatan menyebutkan bahwa minuman dengan sifat yang asam seperti jus jeruk sepertinya memang kurang baik untuk dikonsumsi saat perut berada dalam kondisi kosong karena dikhawatirkan bisa memicu peningkatan kadar asam lambung. Selain itu, sarapan hanya dengan minum jus tentu tidak akan memberikan energi yang cukup bagi tubuh untuk melakukan berbagai aktivitas harian sehingga hal ini memang sebaiknya tidak kita lakukan.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi