DokterSehat.Com– Pakar kesehatan menyarankan kita untuk rutin mengonsumsi sarapan demi menjaga kesehatan tubuh. Sayangnya, hal ini disalahartikan banyak orang dengan sembarangan mengonsumsi makanan di pagi hari daripada tidak mengonsumsi makanan apapun.

donat_doktersehat_2

Alhasil, banyak orang yang mengonsumsi sarapan dengan makanan-makanan manis seperti donat yang mudah dicari di berbagai tempat. Padahal, menurut pakar kesehatan, hal ini kurang baik bagi kesehatan.

Pakar kesehatan Profesor Paul Gately dari Leeds Beckett University menyebutkan bahwa sarapan sangat penting karena akan menentukan energi tubuh seharian sekaligus mencegah nafsu makan yang berlebihan di siang atau malam hari. Karena alasan inilah sarapan berperan besar dalam menjaga berat badan tetap ideal.

“Jika kita sampai melewatkan waktu sarapan, besar kemungkinan kita akan mengonsumsi makanan apapun yang kita lihat karena lapar,” ucap Prof. Gately.

Banyak orang yang berpikir jika donat dan kue manis bisa membuat perut menjadi kenyang. Padahal, hal ini hanyalah akan memicu lonjakan gula darah. Selain itu, donat juga tidak memberikan nutrisi makanan yang dibutuhkan tubuh.

“Mengonsumsi makanan manis di pagi hari justru membuat kita lebih rakus saat mengonsumsi camilan atau makan siang. Selain itu, makanan manis juga terbukti mampu membuat suasana hati kita menjadi tidak baik seharian,” lanjut Prof. Gately.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam Journal of American College of Cardiology pada 2017 lalu menghasilkan fakta bahwa orang-orang yang tidak sarapan atau mengonsumsi sarapan dengan kadar nutrisi atau energi yang rendah seperti donat akan lebih rentan terkena masalah aterosklerosis atau pengerasan pembuluh darah arteri. Kondisi kesehatan ini bisa meningkatkan risiko terkena penyakit jantung atau stroke yang mematikan.

Meskipun begitu, bukan berarti kita memilih untuk tidak sarapan jika hanya tersedia makanan manis seperti donat. Sesekali mengonsumsinya jika tidak ada pilihan lain boleh dilakukan, namun pastikan untuk mengubah pola makan di pagi hari agar menjadi lebih sehat. Cobalah untuk menata waktu lebih baik sehingga kita bisa memiliki waktu untuk membuat atau mengonsumsi sarapan yang sehat setiap hari.