Terbit: 11 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Salah satu masalah kesehatan yang paling menjengkelkan adalah jerawat. Bagaimana tidak, satu saja jerawat muncul di wajah, rusak sudah penampilan kita yang menawan. Tak disangka, selain bisa membuat jengkel, datangnya jerawat ternyata bisa menyebabkan depresi. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Jangan Salah, Jerawat Juga Bisa Menyebabkan Depresi Lho

Isabelle Vallerand, pakar kesehatan dari University of Calgary, Kanada, menyebutkan bahwa penyakit kulit seperti jerawat ternyata memiliki kaitan dengan gangguan jiwa. Hal ini disebabkan oleh kemampuannya dalam menurunkan rasa percaya diri dengan signifikan, apalagi jika sampai jerawat ini membekas dan sangat sulit untuk dihilangkan. Hal inilah yang kemudian bisa menyebabkan depresi.

Hasil penelitiannya yang kemudian dipublikasikan dalam jurnal berjudul British Journal of Dermatology ini dilakukan dengan meneliti data dari orang-orang dengan masalah kesehatan kulit ini dari tahun 1986 hingga 2012. Hasilnya adalah, jerawat memang tidak bisa disepelekan begitu saja dan harus segera diatasi dengan segera agar tidak mempengaruhi kesehatan mental. Dalam banyak kasus, mereka yang mengalami jerawat hingga cukup parah akhirnya mengalami penurunan kepercayaan diri dengan drastis dan tidak lagi mampu berkonsentrasi atau fokus dalam melakukan banyak hal sehingga bisa menyebabkan masalah lain yang lebih berat.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya kita rajin-rajin membersihkan wajah dan menghindari makanan yang berpotensi menyebabkan jerawat agar masalah kesehatan kulit ini tidak muncul dan mempengaruhi kesehatan mental kita.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi