Terbit: 24 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.ComMicrowave adalah sebuah alat elektronik dapur yang berfungsi untuk mengangatkan makanan. Alat ini bekerja karena adanya spektrum atau gelombang mikro sehingga menyebabkan molekul dalam makanan menjadi terpolarisasi kemudian membangun energi panas. Microwave sendiri berbeda dengan oven, walau memiliki fungsi yang sama tapi kedua barang tersebut tidak dapat dikatakan sejenis.

Jangan Pernah Menghangatkan 3 Makanan ini di Microwave!

Photo Credit : pexels.com

Hampir setiap rumah memiliki barang elektronik ini. Hal tersebut dikarenakan microwave sangat berfungsi untuk menghangatkan makanan yang masih layak makan. Namun, ternyata microwave tidak bisa sembarangan dipakai, lo. Tahukah Anda, jika ada beberapa makanan atau minuman yang tidak boleh dihangatkan dengan microwave. Sebab akan memberikan dampak buruk dalam kandungan makanan tersebut yang tentunya berbahaya untuk tubuh.

Makanan apa saja yang sebaiknya tidak dihangatkan dengan microwave? Berikut di antaranya:

1. Nasi

Jika Anda terbiasa menghangatkan nasi dengan microwave, maka hentikan kebiasaan itu sekarang juga. Menurut Food Standards Agency, nasi yang dihangatkan bisa memicu datangnya racun atau bakteri yang tentunya akan membuat masalah pada perut Anda. Maka tak heran kalau kebanyakan orang merasa mulas jika terlalu sering makan nasi yang dihangatkan dengan microwave.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Kids Baby - Advertisement

2. Telur Rebus

Saat telur sudah direbus, langsung makan saat itu juga. Jangan pernah menyimpannya sampai berhari-hari, apalagi sampai menghangatkannya di microwave. Hal tersebut dikarenakan telah terjadi beberapa kasus, telur rebus yang dihangatkan melalui microwave bisa menyebabkan bom uap alias meletus. Kalau sekedar meletus di tangan, tidak jadi masalah. Yang ditakutkan jika sampai meletus di area wajah atau bibir Anda.

3. Daging Olahan

Dari hasil penelitian yang dilakukan Journal of Agricultural and Food Chemistry, mengatakan jika daging olahan memiliki berbagai macam kandungan kompleks di dalamnya. Salah satu kandungan yang paling tinggi adalah lemak, kolesterol. Jika Anda melakukan penghangatan daging dengan microwave, maka kandungan tersebut akan membentuk oksidasi kolesterol yang bisa memicu datangnya penyakit koroner.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi