Terbit: 5 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Testis adalah kelenjar kelamin jantan yang dimiliki oleh pria. Testis sendiri dikatakan sebagai salah satu organ yang cukup sensitif dan mudah sekali terkena gangguan serta penyakit. Maka tak heran jika banyak orang yang merasa khawatir ketika testis mengalami gejala yang tak biasa, misalnya nyeri.

Jangan Panik! Rasa Nyeri pada Testis Tidak Selalu Pertanda Buruk

Memang benar, ketika testis mengalami rasa nyeri atau gejala-gejala tak normal lainnya bisa menandakan adanya sebuah gangguan atau penyakit. Tapi, tak terbatas itu. Pasalnya, ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan testis menjadi nyeri, tak hanya penyakit. Sebagai pria, Anda harus mengetahui apa saja penyebab nyeri pada testis agar tak mudah panik ketika mengalaminya.

Berikut adalah beberapa penyebab rasa nyeri pada testis:

1. Tumbuh Jerawat

Jerawat tidak hanya tumbuh pada wajah, tapi juga bisa muncul pada bagian tubuh lainnya, termasuk testis. Ketika testis Anda terasa nyeri, terlebih jika mendapat sentuhan, maka segeralah mengeceknya. Bisa jadi, hal itu dikarenakan tumbuhnya jerawat pada salah satu bagian testis. Umumnya, jerawat yang muncul bisa dikarenakan oleh bakteri yang bersarang pada testis.

2. Gangguan Hormon

Ketika tubuh sedang mengalami gangguan hormon, maka ada kemungkinan testis akan terpengaruh juga. Salah satu pengaruhnya adalah dengan munculnya rasa nyeri. Jika memang rasa nyeri pada testis dikarenakan perubahan hormon, maka Anda harus waspada dan segera memeriksanya ke dokter. Sebab, ini juga sebagai salah satu pertanda kanker.

3. Cedera Otot

Ketika Anda melakukan latihan atau olahraga yang cukup berat, maka ada kemungkinan cidera pada testis. Jadi, jika rasa nyeri tersebut muncul setelah melakukan olahraga, berarti ada otot daerah paha, selangkangan, dan testis yang cedera.

4. Gairah Seksual

Rasa nyeri pada testis juga bisa terjadi akibat gairah seksual yang sedang menggelora. Biasanya nyeri ini terjadi ketika penis mengalami ereksi yang berlebihan. Untuk mengurangi nyeri tersebut, Anda bisa beristirahat dan jangan sampai melakukan aktivitas yang mengundang gairah.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi