Terbit: 26 Maret 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Pernahkah Anda memerhatikan klaim makanan seperti: ‘rendah lemak’ atau ‘bebas gula’? Klaim pada label makanan memang memudahkan kita untuk bisa memilih jenis produk yang diinginkan atau sesuai kebutuhan kita. Namun, ada baiknya kita tak hanya menjadikan klaim tersebut menjadi patokan pembelian.

Jangan Mudah Percaya Klaim Pada Label Makanan, Ini Tipsnya!

Berbagai anjuran dan saran dari banyak asoiasi kesehatan memang cenderung mengarahkan kita pada pemilihan produk yang rendah lemak, gula dan garam. Namun, bukan berarti kita jadi mudah percaya dengan klaim yang ada pada kemasan luar produk.

Perusahaan makanan boleh memberikan klaim rendah/bebas lemak atau gula dalam produk, meski pada produk masih ada kandungan gizi tersebut. Misalnya 3 gram lemak dari 100 gram produk boleh diklaim sebagai produk rendah lemak.

Menurut Food Standar Agency, klaim pada makanan sebaiknya tidak kita lihat hanya dari penyebutan rendah lemak atau bebas gula saja, namun juga dari kandungan gizi atau komposisi yang terkandung di dalamnya.

Hal tersebut penting agar produk yang kita pilih bisa sesuai dengan kebutuhan tubuh. Untuk itu, beberapa cara yang bisa dilakukan adalah:

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Cetaphil Promo - Advertisement

1.Mengecek kandungan gizi bahan makanan

 

Perhatikan berapa total gram kandungan gizi pada informasi nilai gizi produk. Hal ini mampu menunjukkan berapa total kandungan gizi yang ada pada produk secara keseluruhan.

2. Mengecek komposisi bahan makanan

 

Komposisi bahan makanan bisa jadi berpengaruh pada total kandungan gizi. Perhatikan apakah produk yang bebas lemak menggunakan tambahan penggunaan mentega atau margarin, atau produk bebas gula menggunakan tambahan madu atau produk turunan gula lainnya. Dengan memerhatikan komposisi bahan makanan, kita bisa lebih memantau apa saja bahan lain yang mungkin berkontribusi dengan kandungan gizi.

3. Bandingkan kandungan gizi dengan produk lain yang sejenis

 

Perhatikan apa perbedaan kandungan gizi pada satu produk dengan lainnya, hal ini akan efektif untuk menilai seberapa besar klaim yang dijanjikan oleh produk. Selain itu, kita juga bisa memeroleh produk dengan kandungan paling baik. Misalnya, memeroleh susu paling rendah lemak di antara produk susu dengan klaim yang sama.

Dengan melakukan ketiga hal tersebut, kita tidak akan terjebak dengan klaim pada kemasan karena kita telah memastikan kandungan gizi yang sebenarnya pada produk tersebut.

Jadi, kita bisa memilih produk sesuai dengan yang kita harapkan!


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi