Terbit: 17 September 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Meskipun termasuk dalam minuman yang sangat nikmat untuk dikonsumsi kapan saja, pakar keseahtan menyebutkan bahwa ada baiknya kita tidak sembarangan minum kopi atau teh. Kita tentu pernah melihat saran untuk membatasi konsumsi kopi dan teh dalam sehari. Selain itu, ada baiknya kita juga tidak meminumnya saat tubuh sedang dalam kondisi terkena masalah asam lambung tinggi.

Jangan Minum Kopi atau Teh Saat Sedang dalam Kondisi Ini

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa dibalik rasanya yang nikmat, minum teh dan kopi bisa memperburuk masalah asam lambung, apalagi jika kita juga sedang dalam kondisi stres karena faktor pekerjaan atau terkena kondisi lainnya. Sifat teh dan kopi yang cenderung asam bisa membahayakan keseimbangan asam di dalam tubuh.

Jika kita sedang mengalami masalah asam lambung, ada baiknya kita menurunkan konsumsi kopi, teh, dan makanan yang bisa menyebabkan kenaikan asam lambung seperti gorengan dan makanan pedas atau berlemak. Pastikan untuk mengelola stres dengan baik seperti dengan melakukan yoga atau latihan pernapasan.

Untuk mengatasi masalah asam lambung, pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengonsumsi susu rendah lemak seperti susu almond atau susu kedelai. Minuman seperti jahe hangat juga sangat disarankan karena mampu menekan jumlah bakteri helicobacter pylori dan menurunkan asam lambung di kerongkongan dengan cepat. Kandungan anti inflamasi seperti fenol pada jahe juga mampu menetralisir asam lambung dengan cepat.

Kita juga bisa mengonsumsi jus yang rendah asam seperti wortel, pisang, mentimun, dan semangka yang kaya akan alkali dan serat yang bisa menetralisir asam lambung dengan cepat sekaligus membuat pencernaan menjadi semakin lancar.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi