Terbit: 13 September 2018 | Diperbarui: 31 Oktober 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Air dingin masih menjadi minuman yang disukai oleh banyak orang, apalagi jika suhu udara sedang sangat panas. Meskipun bisa menyegarkan tubuh, dianjurkan jangan minum air dingin karena bisa memberikan efek buruk bagi kesehatan tubuh.

Alasan Utama Mengapa Kita Jangan Minum Air Dingin

Pakar kesehatan dr. Vasant Lad melalui buku yang berjudul The Complete Book of Ayurvedic Home Remedies menyebutkan bahwa mengonsumsi air dingin justru membuat kita tidak mampu mengatasi dehidrasi atau rasa haus dengan baik.

Meskipun kita memenuhi kebutuhan cairan tubuh, minum air dingin membuat pembuluh darah menyusut dan akhirnya mempengaruhi aliran darah dan oksigen. Hal ini justru bisa membahayakan kesehatan.

Sebagai contoh, minum air dingin bisa membuat gangguan pencernaan. Hal ini disebabkan oleh kemampuan air dingin dalam membuat makanan menjadi lebih padat dan membuat lemak sulit untuk diolah oleh perut dengan efektif sehingga akhirnya menyebabkan sensasi begah, kembung, atau bahkan sembelit. Dalam beberapa kasus, penderitanya bahkan bisa mengalami mual-mual atau sakit perut.

Karena air dingin memiliki suhu yang berbeda dengan suhu tubuh, maka tubuh kita akan segera mencurahkan energi ke saluran pencernaan demi mengubah suhu air yang kita minum agar sesuai dengan suhu tubuh kita.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

Hal ini akan membuat energi habis dan akhirnya membuat kita merasa lelah setelah mengonsumsinya. Dalam beberapa kasus, kebiasaan ini bahkan sampai memicu datangnya migrain atau sakit kepala sebelah.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya kita jangan minum air dingin dan mengonsumsi air dengan suhu yang normal atau air hangat saja yang jauh lebih baik bagi kesehatan.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi