Terbit: 7 Februari 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com – Bisa dibilang, tomat adalah super food karena mengandung banyak vitamin dan mineral. Selain itu, tomat juga bisa diolah menjadi berbagai jenis makanan mulai dari sup, jus, hingga dimakan langsung dalam bentuk buah. Mengonsumsi tomat dengan takaran yang tepat bisa meningkatkan kesehatan dan daya tahan.

Jangan Menyimpan Tomat di Dalam Kulkas

Karena memiliki banyak manfaat untuk tubuh, memiliki stok tomat di dapur adalah sebuah keharusan. Anda bisa membeli tomat dalam jumlah banyak di pasar lalu menyimpannya di tempat yang cukup kering, tidak di dalam kulkas. Mengapa?

Manfaat tomat untuk tubuh
Sebelum mengetahui alasan mengapa kita tidak boleh menyimpan tomat di dalam kulkas, ada baiknya kita mencari tahu manfaatnya. Tomat mengandung Vitamin C dan Vitamin A yang baik untuk kesehatan. Vitamin C membuat kita lebih sehat dan daya tahan tubuh meningkat. Sementara itu Vitamin A baik untuk kesehatan mata.

Selain itu tomat juga mengandung senyawa lycopene yang merupakan antioksidan. Senyawa ini membuat kita semua lebih tahan pada radikal bebas yang datang dari udara, asap rokok, sinar UV, dan polusi.

Alasan jangan menyimpan tomat di dalam kulkas
Menyimpan di dalam kulkas akan membuat kematangannya jadi tidak merata. Kalau Anda membeli buah ini dalam bentuk setengah matang, rasa manis dan asamnya akan berkurang kalau dikeluarkan dari kulkas. Tomat mungkin akan memiliki rasa dingin, tapi kesegaran asli buah tidak akan didapatkan.

Lebih baik menyimpan tomat di tempat yang lebih kering saja, tidak perlu di dalam kulkas. Tomat yang disimpan di luar harus segera dikonsumsi agar tidak segera membusuk dan nutrisi yang terkandung jadi hilang.

Lebih lanjut, kandungan lycopene pada tomat akan muncul ketika dipanaskan pada suhu hingga 88 derajat Celcius. Jadi, disimpan di kulkas akan sedikit menghambat kerja dari senyawa itu.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi