Jangan Meniup Terompet Tahun Baru Dekat Dengan Telinga, Ya?

DokterSehat.Com– Salah satu aksesoris yang hampir selalu ditemukan saat perayaan tahun baru adalah terompet. Tak hanya yang terbuat dari kertas, terompet yang terbuat dari bahan plastik atau yang tinggal dipencet sudah bisa mengeluarkan bunyi juga bisa kita dapatkan. Meskipun bunyinya memang bisa memberikan kemeriahan tersendiri saat malam tahun baru, ada baiknya kita berhati-hati saat meniupnya, apalagi jika posisi terompet dekat dengan telinga orang lain. Mengapa demikian?

Jika kita meniupnya dekat dengan telinga, dikhawatirkan suara terompet yang sangat keras ini akan langsung memapar organ pendengaran dan akhirnya memicu gangguan. Fakta ini dikemukakan oleh Centers for Disease Control and Prevention. Menurut para ahli dari organisasi tersebut, suara keras dari terompet sangatlah berbahaya untuk koklea atau bahkan telinga dalam. Jika mendapatkan usara yang keras, sel dan membrane pada koklea bisa rusak dan lama-kelamaan bisa menyebabkan kematian pada sel rambut telinga. Tak hanya menurunkan kemampuan mendengar, bisa jadi suara keras dari terompet ini bisa menghilangkan pendengaran seseorang.

Tahukah anda jika saat lahir, kita memiliki sekitar 16 ribu sel rambut yang ada dalam koklea? Sel-sel inilah yang bisa membuat kita mendengar suara. Jika sampai sel rambut ini rusak karena terpapar suara yang memekakkan telinga, mereka tidak bisa diperbaiki sehingga resiko untuk terkena gangguan pendengaran permanen pun bisa saja terjadi.

Tak hanya bunyi terompet, ada baiknya kita juga tidak berada di dekat suara speaker saat acara konser yang memang banyak diadakan di malam pergantian tahun baru. Suara musik yang sangat keras juga bisa menyebabkan masalah pendengaran yang sama.