Terbit: 11 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Olahraga di pagi hari adalah sebuah aktivitas yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Selain bisa membuat tubuh bugar, juga bisa membuat pernapasan lebih longgar. Sebab, udara di pagi hari memang sangat segar karena masih belum terkena polusi akibat kendaraan maupun limbah asap dari pabrik. Sehingga banyak pakar kesehatan yang menganjurkan setiap orang untuk berolahraga di pagi hari.

Setelah Olahraga Pagi Jangan Langsung Mandi!

Kebiasaan ini perlu kita lakukan sejak dini. Sebab, daripada bermalas-malasan di tempat tidur hanya membuat tubuh tidak produktif. Akibatnya tidak hanya membuat kita malas, tapi juga bisa menumpuk berbagai macam penyakit.

Namun jika Anda adalah seseorang yang rutin melakukan olahraga di pagi hari, ada satu hal yang perlu Anda ketahui dan ini penting. Hal tersebut mengenai mandi setelah olahraga. Perlu diketahui, setelah berolahraga di pagi hari, sangat tidak dianjurkan jika Anda langsung mandi ketika tubuh sedang dalam keadaan basah kuyup akibat keringat.

Sebab, dilansir dari laman Times of India, tubuh memerlukan pendinginan terlebih dahulu sebelum. Atau bisa juga disebut dengan penataan suhu tubuh. Sebab, sudah sering terjadi orang yang langsung mandi setelah olahraga pagi akan mengalami beberapa reaksi tak terduga.

Adapun reaksi tersebut mulai dari ruam pada tubuh, nyeri seperti tertusuk, kehilangan stamina, bahkan pusing yang bukan main. Sebab, gerakan aktif di pagi hari cukup krusial menghabiskan energi setelah semalaman tidur pulas. Sehingga, Anda perlu menata kembali energi yang telah digunakan itu dengan pendinginan, alias beristirahat sejenak sebelum mandi.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

Idealnya, waktu yang tepat adalah 30 menit setelah olahraga. Dengan rentang waktu tersebut, keringat Anda sudah kering dan suhu tubuh pun sudah stabil sehingga aman untuk mandi. Tidak lupa juga, sembari mengisi waktu istirahat, perbanyaklah mengonsumsi air mineral agar tubuh terhidrasi dengan baik.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi