Jangan Makan Sayuran Mentah Saat Perut Kosong

sayur-doktersehat
Photo Source: Flickr/avlxyz

DokterSehat.Com– Banyak orang yang menyukai sayuran mentah karena menganggapnya sebagai bahan makanan yang sehat dan cocok bagi program diet. Sayangnya, menurut pakar kesehatan, mengonsumsi sayuran mentah tidak boleh dilakukan dengan sembarangan, apalagi jika kita melakukannya saat perut kosong. Kita akan lebih rentan mengalami kenaikan asam lambung yang tentu akan membuat perut dan dada mengalami sensasi panas dan tidak nyaman.

Dampak lain yang juga akan kita rasakan jika kita mengonsumsi sayuran mentah saat perut masih dalam kondisi kosong adalah munculnya masalah perut kembung. Sebagai informasi, sayuran hijau mentah kaya akan kandungan asam amino. Jika sampai kandungan ini masuk ke dalam perut yang masih kosong, maka risiko untuk mengalami perut kembung meningkat.

Beberapa jenis sayuran mentah yang sangat tidak direkomendasikan untuk dimakan saat perut kosong adalah tomat dan mentimun. Tomat misalnya, meskipun kaya akan vitamin C, di dalamnya juga terdapat kandungan asam tannic yang sangat tinggi. Jika kita sembarangan dalam mengonsumsinya, maka tingkat keasaman di dalam perut meningkat tajam dan kita pun akhirnya akan mengalami gangguan pencernaan.

Selain sayuran, beberapa jenis buah-buahan juga bisa memberikan efek buruk bagi kondisi perut jika dikonsumsi saat perut masih dalam kondisi kosong. Padahal, banyak orang yang sengaja hanya sarapan dengan buah karena tidak memiliki waktu untuk makan atau membuat sarapan pagi. Sebagai contoh, banyak pekerja kantoran yang memilih untuk sarapan dengan pisang saja. Meskipun memang bisa mengenyangkan untuk sementara, kandungan magnesium di dalam pisang yang sangat tinggi bisa saja menyebabkan gangguan pada saluran pencernaan. Selain itu, kandungan potasium di dalam pisang juga bisa menyebabkan terganggunya kadar kalium di dalam darah.

Buah-buahan lainnya yang sebaiknya tidak dikonsumsi saat perut masih dalam kondisi kosong adalah buah pir dan buah jeruk. Buah jeruk dikenal luas memiliki tingkat keasaman yang tinggi sehingga bisa saja memicu kenaikan asam lambung jika dikonsumsi saat perut kosong. Sementar itu, kandungan serat kasar pada buah pir ternyata bisa mengiritasi selaput lendir pada saluran pencernaan.