Jangan Makan Malam Setelah Jam Ini

kebiasaan-setelah-makan-doktersehat
photo credit : pexels.com

DokterSehat.Com– Apa yang kita makan berpengaruh besar bagi kesehatan tubuh kita. Selain itu, kita juga sebaiknya memperhatikan waktu makan kita. Sebagai contoh, jika kita terbiasa mengonsumsi makan malam terlalu larut, maka risiko untuk terkena obesitas, gangguan pencernaan, hingga susah tidur akan meningkat.

Dilansir dari Boldsky, pakar kesehatan menyarankan kita untuk tidak makan malam setelah pukul 19.00. Hal ini disebabkan oleh sebagian besar organ di dalam tubuh, termasuk organ pencernaan yang sudah mulai mempersiapkan diri untuk beristirahat setelah jam tersebut. Jika kita tetap makan di waktu lebih dari pukul 19.00, maka risiko untuk terkena peningkatan asam lambung pun meningkat dengan signifikan.

Telah banyak penelitian yang membuktikan bahwa makan di saat yang terlalu dekat dengan waktu tidur bisa memicu kenaikan asam lambung hingga ke kerongkongan sehingga menyebabkan sensasi panas dan terbakar di bagian ulu hati. Kita pun akan merasa tidak nyaman dan akhirnya tidak bisa tidur dengan nyenyak. Dalam banyak kasus, kenaikan asam lambung ini juga akhirnya memicu susah tidur.

Dengan makan di waktu sebelum pukul 19.00, maka kita pun akan memberikan kesempatan bagi tubuh untuk mencerna makanan dengan lebih baik. Terdapat waktu beberapa jam untuk bagi tubuh untuk mencerna makanan dengan maksimal sehingga kita pun tidak akan mudah mengalami gangguan pencernaan. Selain itu, hal ini juga akan membuat kita mencegah kenaikan berat badan. Jika kita makan setelah pukul 19.00, tubuh sudah mengalami perlambatan laju sistem metabolisme sehingga membuat proses penumpukan lemak menjadi lebih memungkinkan untuk terjadi.

Makan di waktu sebelum pukul 19.00 malam ternyata juga bisa membantu kita mencegah kebiasaan makan dengan berlebihan. Dengan melakukannya, maka jarak antara makan malam dan makan siang tidak terlalu lama sehingga kita pun tidak akan mengalami sensasi lapar berlebihan. Jika sampai kelaparan, maka kita bisa saja memilih untuk mengonsumsi camilan tidak sehat sebelum waktu makan malam tiba. Jika hal ini terjadi, maka kita akan mengonsumsi kalori dengan berlebihan yang bisa berimbas pada kenaikan berat badan.