Jangan Makan Ini Saat Patah Hati

kentang-goreng-doktersehat
Photo Source: Twitter/Washington Post

DokterSehat.Com– Patah hati tidak hanya disebabkan oleh putus cinta saja. Berbagai kejadian yang tidak menyenangkan lainnya juga bisa menyebabkan patah hati seperti kehilangan pekerjaan dan meninggalnya hewan peliharaan. Tak hanya harus menguatkan hati agar tidak mudah larut dalam rasa duka, pakar kesehatan juga menyarankan kita untuk menghindari beberapa makanan tertentu yang dianggap bisa memperburuk kondisi kesehatan saat sedang patah hati.

Makanan pertama yang harus kita hindari saat sedang patah hati adalah kentang goreng. Meskipun memiliki rasa yang enak, kentang goreng termasuk dalam makanan yang kaya akan kalori dan garam. Tingginya kadar garam di dalamnya bisa memicu gangguan pada sistem saraf yang akhirnya mempengaruhi kesehatan mental.

Saat sedang patah hati, kesehatan mental sedang dalam kondisi yang buruk. Jika hal ini ditambah dengan efek buruk dari mengonsumsi kentang goreng, maka kita pun akan lebih rentan terkena depresi, penurunan sistem kekebalan tubuh, dan lebih mudah lelah. Selain kentang goreng, makanan asin atau tinggi kandungan garam lainnya juga bisa memberikan efek yang sama sehingga sebaiknya kita hindari.

Saat patah hati, ada baiknya kita juga tidak mengonsumsi permen atau permen karet. Mesi mengasyikkan untuk dikonsumsi dan bisa membuat mulut terus aktif, permen dan permen karet memiliki kandungan gula yang tinggi. Padahal, gula bisa meningkatkan kadar hormon kortisol atau hormon stres yang bisa membuat kesehatan mental yang sedang terpuruk menjadi semakin memburuk.

Kita juga sebaiknya tidak mengonsumsi minuman berkafein seperti kopi, soda, atau teh dengan berlebihan saat sedang patah hati. Kandungan kafein di dalam minuman-minuman ini dikhawatirkan bisa menyebabkan datangnya depresi mengingat kemampuannya dalam memicu gangguan tidur. Padahal, jika kita sampai kurang tidur, maka akan terjadi ketidakseimbangan hormon yang akhirnya berpengaruh besar bagi emosi dan kesehatan mental kita.

Gorengan juga termasuk dalam makanan yang sebaiknya kita hindari saat sedang patah hati. Meskipun nikmat untuk dijadikan lauk atau camilan, gorengan kaya akan kandungan lemak yang sangat buruk bagi kesehatan pembuluh darah. Padahal, saat patah hati, tubuh sedang mengalami stres yang cukup parah. Kandungan lemak tinggi di dalam gorengan akan mempengaruhi kondisi stres dan memperburuk kesehatan pembuluh darah.