Terbit: 16 Agustus 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Lapar di malam hari, tepatnya di waktu sebelum tidur memang bisa menjadi dilema tersendiri. Bagaimana tidak, jika kita makan, maka risiko untuk mengalami kenaikan berat badan pun meningkat. Sebaliknya, jika kita menahan lapar, bisa jadi kita akan susah tidur. Demi mengatasi rasa lapar ini, banyak orang yang akhirnya memilih untuk makan buah. Logikanya, buah termasuk dalam makanan sehat sehingga tentu tidak akan memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Jangan Makan Buah Sebelum Tidur

Hanya saja, menurut pakar kesehatan, mengonsumsi buah sebelum tidur ternyata juga bisa meningkatkan kadar gula darah dengan cepat. Hal ini membuat kita justru tidak bisa tidur dengan nyenyak karena tubuh berusaha keras untuk mencerna buah sekaligus kembali menyeimbangkan kadar gula darah agar kembali normal.

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengonsumsi makan malam dan tidak lagi mengonsumsi makanan apapun setidaknya dua jam sebelum tidur. Dengan melakukan hal ini, maka kita pun tidak akan mudah mengalami rasa lapar sebelum tidur.

Waktu lain yang sangat tidak disarankan untuk makan buah adalah saat setelah makan. Banyak orang yang melakukannya karena ingin melengkapi kebutuhan serat setelah makan besar. Sayangnya, hal ini justru membuat nutrisi di dalam buah tidak benar-benar diserap tubuh dengan maksimal. Selain itu, bagi penderita diabetes, ada baiknya memberi jarak sekitar 1 atau 2 jam antara makan buah dan makan nasi demi mencegah kenaikan kadar gula darah yang bisa saja membahayakan kesehatan mereka.

Pakar kesehatan menyarankan kita untuk mengonsumsi buah yang masih dalam kondisi utuh, bukannya mengonsumsi buah yang dijadikan jus kemasan atau jus yang ditambahi gula, atau yang dijadikan asinan dan buah kering demi mendapatkan manfaat kesehatannya dengan maksimal.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Family Fest - Advertisement


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi