Jangan Makan Buah Ini di Dekat Waktu Tidur

solusi-anemia-buah-penambah-darah-doktersehat

DokterSehat.Com– Buah-buahan termasuk dalam makanan yang paling baik bagi kesehatan tubuh. Karena alasan inilah pakar kesehatan menyarankan kita untuk rutin mengonsumsinya setiap hari. Hanya saja, banyak orang yang enggan mengonsumsi buah-buahan meskipun rasanya manis dan menyegarkan. Dalam realitanya, kita lebih tertarik untuk mengonsumsi camilan yang tidak sehat alih-alih buah-buahan, bukan?

Di malam hari dekat dengan waktu tidur misalnya, kita cenderung lebih tertarik untuk mengonsumsi camilan tidak sehat seperti keripik, cokelat, wafer, biskuit, dan camilan lainnya alih-alih mengonsumsi buah tatkala sedang mengobrol atau menonton acara televisi. Padahal, jika kita menggantinya dengan buah-buahan, maka kita bisa mendapatkan banyak sekali nutrisi yang menyehatkan tubuh sekaligus mencegah datangnya kenaikan berat badan akibat mengonsumsi camilan yang tidak sehat.

Hanya saja, pakar kesehatan juga menyarankan kita untuk tidak sembarangan mengonsumsi buah, apalagi di waktu malam hari, dekat dengan waktu tidur. Buah yang sebaiknya tidak dikonsumsi di waktu ini adalah buah yang masih dalam kondisi asam. Biasanya, buah ini belum benar-benar masak sehingga dianggap masih aman untuk dikonsumsi. Sayangnya, jika dikonsumsi dekat dengan waktu tidur, maka hal ini bisa mengganggu kualitas tidur kita dengan signifikan.

Mengonsumsi buah yang masam akan meningkatkan kenaikan produksi asam lambung dengan signifikan. Hal ini bisa saja memicu refluks asam lambung, kondisi dimana asam lambung dari perut naik ke kerongkongan atau bahkan ke mulut. Jika hal ini terjadi, maka kita pun tidak akan bisa tidur atau tidak bisa tidur dengan nyenyak karena rasa tidak nyaman di dada, perut, dan mulut. Bahkan, dalam beberapa kasus, hal ini bisa memicu iritasi pada usus.

Sebagaimana kita ketahui, banyak buah yang memiliki tingkat keasaman yang tinggi. Jika buah ini memiliki rasa yang masam, maka tingkat keasaman ini jauh lebih tinggi dan bisa membahayakan pencernaan kita.

Beberapa jenis buah-buahan yang tidak disarankan untuk dikonsumsi dekat dengan waktu tidur, apalagi yang memiliki rasa yang masam adalah stroberi, jeruk, dan buah beri.