Terbit: 2 September 2018 | Diperbarui: 3 September 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Agar rasanya menjadi lebih lezat dan menyegarkan, banyak orang yang sengaja mengonsumsi buah bersamaan dengan susu. Sebagai contoh, kita mengonsumsi sup buah yang tentu sangat menyegarkan, bukan? Sayangnya, menurut pakar kesehatan, kebiasaan mengonsumsi buah dengan susu bisa memberikan efek kurang baik bagi kesehatan.

Hindari Konsumsi Buah dengan Susu, Ini Dampaknya

Sebenarnya, buah dan susu sama-sama kaya akan vitamin dan berbagai nutrisi lainnya. Hanya saja, patut kita cermati bahwa buah memiliki rasa yang bervariasi. Ada yang memiliki rasa manis, ada yang memiliki rasa asam, hingga rasa pahit.

Berbagai sensasi rasa ini bergantung pada seberapa banyak dan jenis kandungan di dalamnya. Meskipun begitu, buah biasanya cenderung memiliki kandungan asam yang cukup tinggi, bahkan pada buah yang memiliki rasa yang manis ataupun pahit sekalipun.

Sementara itu, susu termasuk dalam minuman yang kaya akan kandungan protein. Berbeda dengan kandungan asam dalam buah yang bisa menyebabkan sensasi panas pada organ pencernaan, protein justru memberikan efek sebaliknya, yakni membuat saluran pencernaan mendingin. Jika kita mengombinasikan susu dengan buah, maka campuran dari kedua efek ini bisa memicu ketidakseimbangan bakteri pada usus.

Asam pada buah akan mengikat protein di dalam susu dan membuat jumlah bakteri di dalam usus menjadi semakin banyak. Hal ini bisa memicu efek kurang nyaman pada perut atau bahkan alergi.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

Karena alasan inilah ada baiknya kita tidak mengonsumsi susu dan buah secara bersamaan. Berikan jeda waktu beberapa saat jika kita ingin mengonsumsi kedua jenis makanan ini.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi