Terbit: 4 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Mandi adalah sebuah aktivitas membersihkan atau mencuci diri menggunakan air guna menghilangkan bakteri dan bau badan. Normalnya, seseorang akan melakukan aktivitas bersih diri ini dua kali dalam sehari, yakni pagi dan sore menjelang petang.

Jangan Lakukan 4 Hal ini Saat Mandi karena Efeknya Berbahaya!

Dalam mandi, ada beberapa kebiasaan yang sering dilakukan, yakni menggosok tubuh, menggosok kepala, dan memberi pijatan pada kulit wajah yang dipercaya bisa menyehatkan serta membuang semua bakteri yang menempel.

Namun, baru-baru ini ada sebuah studi baru yang cukup mengehebohkan tentang kebiasaan mandi tersebut. Studi tersebut dilakukan oleh tim medis asal Tulane University, seperti yang dilansir dilansir dari laman Reader’sDigest, mengatakan bahwa ada kebiasaan mandi yang salah selama ini dilakukan banyak orang. Apa saja kebiasaan tersebut? Berikut diantaranya:

1. Menggosok Kulit Kepala

Ketika mandi dan keramas, banyak orang yang sering menggosok atau memijat kulit kepalanya dengan kuku jari. Memang cukup nyaman, tapi faktanya tidak demikian. Ketika Anda terlalu sering melakukan kebiasaan tersebut, maka akan berpotensi merobek kulit kepala. Ketika sudah robek, maka cairan detergen dari shampoo tersebut akan masuk ke dalam sel kulit dan akibatnya pun cukup mengkhawatirkan.

2. Berendam Air Hangat

Mandi atau berendam di air hangat memang sangat nikmat, terlebih jika dilakukan pada malam hari. Namun, jika dilakukan terlalu lama pun menjadi tidak baik bagi kesehatan. Pasalnya, dengan suhu yang terlalu panas, pori-pori dan minyak alami pada kulit akan terkikis dengan sendirinya sehinga mengurangi kelembapan. Oleh karenanya, jangan terlalu lama berendam pada air hangat, lakukan sewajarnya saja.

3. Masih Ada Bekas Busa

Ketika Anda selesai menggosok tubuh Anda dengan sabun, maka bilaslah dengan bersih. Pastikan bahwa tidak ada sedikitpun busa yang tertinggal. Sebab, jika hal tersebut sampai terjadi maka akan menyebabkan iritasi pada kulit. Umumnya hal ini terjadi pada punggung karena tangan tidak mampu menjangkau bagian tersebut.

4. Terlalu Lama

Perlu diketahui, di dalam kamar mandi terdapat begitu banyak bakteri yang bersarang sehingga Anda tidak diperkenankan untuk berlama-lama di dalam kamar mandi. Selain itu, suhu di dalam kamar mandi juga sangat lembap yang akan mengakibatkan flu jika Anda terlalu lama berada di dalam. Oleh karenanya, mandi sewajarnya saja dan jangan terlalu lama.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi