Bahaya, Hindari Mainan Bebek Karet Saat Mandi!

Photo: Flickr/ Kate Ter Haar

DokterSehat.Com– Tak sedikit yang sengaja menempatkan mainan bebek karet di kamar mandi sebagai aksesori sehingga tampilan kamar mandi menjadi lebih menarik. Atau, mainan bebek itu digunakan saat anak mandi agar menyenangkan. Namun sayangnya, menurut pakar kesehatan, mainan ini ternyata bisa membahayakan.

Photo Source: Flickr/ Kate Ter Haar

Dikutip dari Fox News, para peneliti dari Swiss dan Amerika Serikat berusaha  mencari tahu seberapa banyak kotoran, jamur, atau bahkan serangga yang ada dalam mainan bebek berwarna kuning ini. Hasilnya adalah, mainan ini ternyata memiliki mikroba dengan jumlah yang sangat banyak di dalamnya!

Penelitian yang dilakukan oleh para ahli dari Swiss Federal Institute of Aquatic Science and Technology, ETH Zurich serta University of Illinois dan dipublikasikan Selasa, 27 Maret 2018 lalu ini menghasilkan fakta bahwa ada banyak bakteri di dalam mainan bebek tersebut, termasuk yang berjenis legionella dan pseudomonas aeruginosa.

Bakteri-bakteri yang bisa memicu infeksi berbahaya ini bisa ditemukan dalam 4 dari 5 mainan bebek dan akan tercampur dengan air mandi jika kita memeras mainan bebek tersebut.

Penelitian yang kemudian hasilnya dipublikasikan dalam jurnal berjudul Biofilms and Microbiomes ini menyebutkan bahwa ada sekitar 75 juta sel bakteri dan jamur untuk setiap sentimeter persegi bagian dalam bebek mainan. Jika sampai bakteri dan jamur ini masuk ke  tubuh anak, maka risiko terkena infeksi pada mata, telinga, hingga usus akan meningkat.

Para peneliti menyarankan  untuk tidak sembarangan dalam menggunakan mainan bebek ini, khususnya saat mandi. Jangan asal menempatkannya di air bak mandi atau memeras mainan ini karena dikhawatirkan air tersebut akan tercampur bakteri dan jamur yang berbahaya bagi kesehatan.

Nah, Teman Sehat hati-hati ya, selalu pastikan kebersihan benda di rumah agar tak merugikan kesehatan.