Terbit: 7 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Tidur adalah sebuah aktivitas yang sangat penting dan tidak boleh diabaikan oleh siapapun. Pasalnya, dengan menerapkan pola tidur yang baik, seseorang akan mendapatkan kesehatan pada fisik dan mental. Namun, walau bermanfaat, faktanya tidak semua orang bisa mendapatkan tidur yang berkualitas.

Jangan Disepelekan, Inilah Manfaat Mandi Sebelum Tidur

Bahkan, dari data yang dikeluarkan oleh Center for Sleep Medicine, lebih dari 25 persen orang di jaman modern ini tidak mendapati kualitas tidur yang baik karena faktor pekerjaan. Seperti diketahui, rutinitas serta profesi kebanyakan orang saat ini sudah terbilang melewati batas. Di mana banyak orang harus menggadaikan waktu istirahat mereka untuk menyelesaikan tugas dari perusahaan.

Kadang pula, sesampainya di rumah, mereka tidak bisa tertidur dengan cepat karena terlalu lelah dan urusan pekerjaan masih terngiang di dalam pikiran. Akibatnya, hingga larut pun belum bisa memejamkan mata dan tertidur secara pulas.

Nah, jika Anda mengalami hal yang serupa, maka ada baiknya Anda melakukan sebuah cara sederhana yang ampuh ini. Cara itu adalah mandi sebelum tidur.

Ya, mandi sebelum tidur memang sering diabaikan oleh sebagian orang karena berbagai alasan, misalnya rasa malas atau takut rematik. Padahal, mandi sebelum tidur adalah sebuah aktivitas baik yang memiliki manfaat untuk meningkatkan kualitas tidur seseorang.

Dari hasil riset yang dilakukan, melakukan aktivitas mandi sebelum tidur bisa menurunkan tingkat insomnia sampai 40 persen. Sebab, mandi sebelum tidur bisa memberikan kesegaran, ketenangan, serta menstabilkan suhu tubuh sehingga rasa kantuk akan datang lebih cepat.

Namun, mandi sebelum tidur juga ada caranya dan tidak boleh dilakukan sembarangan. Lakukanlah mandi setidaknya 90 menit sebelum berbaring di kasur. Waktu tersebut terbilang cukup ideal dan aman dilakukan. Selain itu, ketika mandi tidak diperkenankan untuk berendam, tapi mandi sewajarnya saja dan tidak berlama-lama. Sebab, jika terlalu lama akan membuat suhu tubuh sulit terkontrol. Setelah itu, keringkan seluruh badan, termasuk rambut agar posisi tidur menjadi semakin nyaman.

Nah, itulah manfaat mandi sebelum tidur yang sering diabaikan oleh kebanyakan orang. Jika Anda ingin mencobanya, lakukanlah sesuai aturan di atas.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi