Terbit: 16 April 2018 | Diperbarui: 18 Februari 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Menjadikan kebiasaan minum air putih setelah bangun tidur memiliki manfaat yang tidak terduga bagi tubuh. Ada berbagai manfaat minum air hangat di pagi hari maupun di waktu apa saja ketimbang mengonsumsi minuman hangat manis lainnya.

9 Manfaat Minum Air Hangat untuk Kesehatan Tubuh

Manfaat Minum Air Hangat Setiap Hari

Mulai dari melancarkan pencernaan sampai dengan mencegah penyakit-penyakit berbahaya, berikut ini adalah khasiat minum air hangat yang perlu Anda ketahui.

1. Melancarkan Pernapasan

Saat sedang tertidur pulas di malam hari, tentunya Anda tidak akan mengetahui gangguan yang terjadi. Misalnya, ada gangguan pada pernapasan, yaitu hidung dirasuki debu dan bakteri. Nah, maka tak heran jika kebanyakan orang bangun tidur sering mengalami gangguan pernapasan atau flu sementara yang kadang menyebabkan bersin-bersin. Nah, untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa mengonsumsi air hangat untuk mengusir debu serta sumbatan lendir yang menggumpal di rongga hidung ataupun tenggorokan.

2. Melancarkan Pencernaan

Saat bangun tidur, seluruh organ di dalam tubuh baru saja istirahat dan akan mulai bekerja, termasuk sistem pencernaan. Mungkin Anda sudah mengetahui, bahwa buang air besar pada pagi hari akan sangat baik bagi tubuh. Sebab, sisa-sisa atau ampas makanan tidak sampai menumpuk yang bisa menyebabkan gangguan kesehatan. Nah, untuk melancarkan pencernaan di pagi hari, usahakan mengonsumsi air hangat di pagi hari saat Anda baru bangun tidur.

3. Memberikan Kebugaran

Bukan hal yang aneh jika saat bangun tidur tubuh terasa pegal dan kadang nyeri. Hal tersebut dikarenakan otot-otot pada tubuh Anda kaku karena aktivitas yang melelahkan. Bahkan, juga bisa dikarenakan posisi tidur Anda yang tidak tepat. Maka, cara paling mudah untuk mengendurkannya kembali adalah dengan meminum air hangat di pagi hari. Setelah minum air hangat, disarankan untuk melakukan peregangan ringan seperti push up atau yang lainnya.

4. Manfaat minum air hangat di pagi hari bantu turunkan berat badan

Penelitian menunjukkan bahwa khasiat air hangat sangat baik guna mendorong metabolisme tubuh. Mengonsumsi air hangat dengan tambahan perasan jeruk nipis setiap pagi terbukti dapat membantu mengurangi beberapa kilo berat badan dalam waktu 2 minggu, tergantung pola makan dan aktivitas olahraga yang dilakukan.

5. Menenangkan sistem syaraf dan melumasi tubuh

Manfaat minum air hangat juga berkaitan dengan sistem syaraf. Ketika sistem syaraf terkontrol dan sehat, maka tubuh akan semakin terhindar dari penyakit dan kecenderungan gelisah akan berkurang.

6. Tubuh Tetap Terhidrasi

Tidak ada bedanya antara air hangat dan air minum biasa, dan tentu saja fungsi air untuk menjaga tubuh terhidrasi dengan baik. Penelitian mengungkapkan bahwa minum air 2 liter per hari sangat direkomendasikan untuk menjaga kinerja organ-organ tubuh.

Awali hari dengan minum air hangat di pagi hari dan begitu juga sebelum tidur. Karena selama tidur organ tetap bekerja dan memerlukan air sebagai pelumas.

7. Memperbaiki Sirkulasi Darah

Mandi air hangat membantu mengoptimalkan arteri dan nadi sehingga bisa mengalirkan darah lebih efektif ke seluruh tubuh. Begitu pula dengan manfaat minum air hangat. Sirkulasi darah yang sehat akan menurunkan risiko terserang penyakit jantung.

8. Menurunkan tingkat stres

Karena khasiat minum air hangat dapat menenangkan sistem saraf, Anda akan merasa lebih tenang dan tidak gelisah setelah menenggak air hangat. Penelitian juga menemukan bahwa mengonsumsi susu hangat akan membuat suasana hati dan pikiran jadi lebih rileks.

9. Turunkan tingkat toksin

Minum air hangat akan meningkatkan suhu tubuh untuk sementara waktu dimana sistem endokrin akan diaktivitasi dan tubuh mulai berkeringat. Meskipun berkeringat terkesan tidak nyaman, mekanisme ini merupakan bagian penting untuk membuang toksin dan zat berbahaya lainnya dari dalam tubuh.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi