Terbit: 7 Mei 2018 | Diperbarui: 8 Mei 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Kebanyakan orang akan membersihkan serabut yang menempel pada daging buah jeruk sebelum mengonsumsinya. Mereka berpikir jika serabut ini memiliki rasa yang tidak enak sehingga sebaiknya dibuang. Menurut pakar kesehatan, serabut ini bisa memberikan manfaat bagi kesehatan.

Jangan Dibuang, Makan Jeruk Sebaiknya dengan Serabutnya

Bagian serabut berwarna putih bernama albedo. Meskipun memang rasanya pahit, kandungan ini ternyata memiliki kandungan serat yang sangat tinggi.

Serat yang ada bagian serabut ini berjenis pektin, serat yang sangat baik dalam melancarkan kinerja saluran pencernaan. Jika kita membuang bagian serabut ini, maka kita akan membuang 30 persen dari keseluruhan kandungan serat dalam buah jeruk.

Banyak orang yang berpikir jika kandungan vitamin C pada buah jeruk hanya ada di bagian daging buahnya. Ternyata, bagian serabut putih yang kerap kita buang ini juga kaya akan kandungan vitamin C.

Sebuah penelitian bahkan berhasil membuktikan bahwa kandungan vitamin C yang ada dalam serabut putih jumlahnya hampir setara dengan yang ada dalam daging buah jeruk.

Kandungan lain yang tidak disangka ternyata ada dalam serabut putih jeruk adalah antioksidan. Sudah menjadi rahasia umum jika antioksidan bisa memberikan perlindungan bagi tubuh dari paparan radikal bebas penyebab penyakit. Tak hanya itu, antioksidan bisa semakin memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga kita pun tidak akan mudah terkena penyakit berbahaya.

Penderita diabetes sangat disarankan untuk mengonsumsi jeruk bersama dengan serabutnya karena bisa membantu membuat fungsi pembuluh darah membaik sehingga tidak mudah terkena masalah tekanan darah.

Melihat adanya fakta ini, tak perlu membersihkan serabut yang menempel pada daging buah jeruk dan segera memakannya karena manfaatnya sangat besar bagi kesehatan.


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi