Terbit: 29 November 2019
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Saat kita membuat kue atau biskuit sendiri, tentu harus membuat adonannya yang masih dalam kondisi mentah. Menariknya adalah adonan ini sudah memiliki rasa yang enak sehingga membuat kita tergoda untuk mencicipinya meskipun belum matang. Masalahnya adalah pakar kesehatan menyebut mencicipi adonan mentah bisa membahayakan kesehatan.

Meski Enak, Jangan Pernah Cicipi Adonan Kue Mentah

Bahaya Mencicipi Adonan Kue Mentah

Pakar kesehatan dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS menyarankan kita untuk tak lagi mencicipi adonan kue mentah karena bisa saja menyebabkan paparan bakteri berbahaya atau keracunan. Sebagai contoh, di dalam adonan kue mentah masih terdapat telur mentah yang tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi dalam kondisi mentah.

Meski kita sudah mencuci cangkang telur dengan sabun, bisa jadi masih ada bakteri salmonella yang masuk dan tercampur pada isi telur tersebut. Hal ini berarti, bisa jadi adonan kue mentah yang juga memiliki bahan telur mentah ini juga sudah memiliki bakteri salmonella. Masalahnya adalah bakteri salmonella bisa menyebabkan berbagai macam masalah kesehatan seperti demam parah, diare, kram perut, atau sakit kepala yang bisa saja berlangsung hingga beberapa hari.

Tak hanya telur mentah, pakar kesehatan menyebut tepung terigu yang merupakan bahan utama dari adonan kue mentah ternyata juga tidak boleh dikonsumsi sebelum dimasak. Hal ini disebabkan oleh bahan pembuatnya, yakni gandum, yang bisa saja sudah terpapar bakteri e.coli selama fase penggilingan.

Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam The New York Journal of Medicine, disebutkan bahwa bakteri ini memang tidak ditemukan di seluruh bagian tepung. Hal ini berarti, bisa jadi kita tanpa sengaja makan tepung mentah dan tidak mengalami dampak apapun. Hanya saja, jika kita kemudian menelan bakteri berbahaya dari tepung ini, maka akan mengalami gangguan pencernaan seperti diare parah.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku PTH - Advertisement

Bisa Menyebabkan Datangnya Penyakit

Pakar kesehatan Kristi King dari Texas Children Hospital, Amerika Serikat menyebut tidak semua orang yang mencicipi adonan kue mentah akan jatuh sakit, namun tetap saja kita berisiko mengalami masalah kesehatan akibat tindakan ini.

“Adonan mentah terbuat dari bahan-bahan pertanian dan produk hewani mentah yang memiliki kandungan bakteri yang bisa saja menyebabkan datangnya penyakit,” ucap King.

Sementara itu, Profesor Bruce Y. Lee dari Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health, Amerika Serikat menyebut biji-bijian, bahan utama dari tepung yang digunakan untuk membuat kue, biasanya tidak melalui proses pembersihan bakteri. Bahkan, bisa jadi biji-bijian ini tanpa disadari tercemar kotoran hewan selama berada di ladang atau fase penggilingan.

“Tidak ada proses yang dilakukan untuk membunuh kuman-kuman ini di ladang, di tempat penyimpanan, atau saat pengolahan. Tepung yang dipakai untuk membuat adonan kue ini penuh dengan bakteri. Kita harus memperlakukannya sebagaimana saat kita akan mengolah daging mentah,” saran Prof. Lee.

Kristi King menyebut paparan bakteri salmonella yang berasal dari telur mentah cenderung berlangsung dengan sangat cepat. Hanya dalam waktu 6 jam hingga 2 hari setelah kita menelannya, maka akan segera menyebabkan dampak kesehatan seperti kram perut, demam parah, dan diare. Bahkan, dalam beberapa kasus, hal ini bisa memicu kematian dini.

King menyebut mereka yang rentan mengalami keracunan jika mengonsumsi adonan kue mentah adalah balita, para lansia, dan mereka yang sedang mengalami masalah kekebalan tubuh.

Melihat fakta ini, ada baiknya memang kita tidak lagi mencicipi adonan kue mentah dan menunggunya hingga matang saja.

 

Sumber:

  1. Jones, Meghan. 2019. 13 Foods You Should Never Eat Raw.tasteofhome.com/collection/foods-you-should-never-eat-raw/. (Diakses pada 29 November 2019).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi