Jangan Campur Susu dengan Makanan Ini

sup-buah-doktersehat
Photo Source: Twitter/integraljayama1

DokterSehat.Com– Meskipun susu termasuk dalam minuman yang paling baik bagi kesehatan tubuh, ada baiknya kita tidak sembarangan dalam mengkombinasikannya dengan bahan makanan lain. Padahal, susu seringkali kita kombinasikan dengan bahan makanan lain seperti buah, teh, kopi, dan lain-lain.

Meskipun tidak selalu terjadi, ada sebagian orang yang mengalami dampak kesehatan seperti gangguan pencernaan jika mengonsumsi susu dengan bahan makanan lainnya. Sebagai contoh, jika kita mengonsumsi susu yang dicampur dengan buah seperti dalam sup buah, maka risiko untuk terkena sakit perut akan meningkat.

Beberapa jenis buah seperti stroberi, jeruk, dan pisang akan cenderung memberikan efek panas pada saluran pencernaan. Sebaliknya, susu justru akan memberikan efek pendinginan. Efek yang berkebalikan ini akan menyebabkan perut menjadi tidak nyaman. Bahkan, bagi sebagian orang, hal ini akan membuat efek berupa demam, alergi, dan batuk-batuk.

Selain buah-buahan, ada baiknya kita juga tidak mengonsumsi susu berdekatan dengan saat kita mengonsumsi makan daging, baik itu daging merah atau bahkan daging ikan. Mengonsumsinya akan membuat tekanan pada sistem pencernaan. Selain itu, itu jika kita mengonsumsi daging ikan, maka hal ini dikhawatirkan hal ini bisa saja menyebabkan efek keracunan.

Sementara itu, jika kita mencampur susu dengan teh, maka kita akan mengalami gangguan penyerapan kalsium dari susu yang tentu akan berimbas pada kesehatan tulang dengan signifikan. Hal ini diungkapkan oleh pakar gizi dari PERSAGI, Marudut MPS.

“Penyerapan kalsium bisa berkurang 10 persen. Meski terlihat sedikit, jika dilakukan setiap hari maka kesehatan tulang bisa terganggu,” ucap Marudut.

Situs NDTV bahkan menyebut terbiasa mengonsumsi teh susu bisa menyebabkan pembentukan batu ginjal yang bisa menyebabkan sensasi tidak nyaman saat buang air kecil. Selain itu, jika kita cermati, susu yang dicampurkan ke dalam teh biasanya adalah susu kental manis yang kaya akan kandungan gula. Hal ini berarti, mengonsumsi teh susu terlalu sering dikhawatirkan akan menyebabkan kenaikan berat badan atau risiko diabetes.

Minumlah susu segar tanpa ada tambahan makanan lain karena rasanya sudah cukup nikmat dan nutrisinya sudah mampu memberikan manfaat bagi kesehatan.