Jangan Bunuh Laba-Laba yang Tinggal di Dalam Rumah

doktersehat_laba_laba
Photo Source: Flickr/Eric Kilby

DokterSehat.Com– Sebagaimana serangga lainnya, banyak orang yang merasa terganggu dengan keberadaan laba-laba di dalam rumah. Tak hanya memiliki bentuk menakutkan, biasanya sarang laba-laba juga dianggap mengotori ruangan. Karena alasan inilah banyak orang yang tanpa pikir panjang akan membunuh atau membasmi laba-laba yang bersarang di dalam rumah.

Menurut pakar kesehatan, ada baiknya kita justru membiarkan laba-laba di dalam rumah dan tidak membunuhnya. Tak hanya karena laba-laba ini yang cenderung menjauh dan tidak akan menyakiti manusia, laba-laba ternyata bisa memakan berbagai hama atau serangga lain yang berpotensi memberikan dampak buruk bagi kesehatan tubuh kita.

Matt Bertone, ilmuwan dari North Carolina State University melakukan sebuah penelitian untuk mengetahui kondisi 50 rumah di Amerika Serikat, khususnya dalam hal mengecek laba-laba apa saja yang tinggal di dalam rumah. Hasilnya adalah, laba-laba ini cenderung menangkap apa saja yang terjebak pada sarangnya, khususnya serangga seperti nyamuk yang bisa memicu gatal-gatal dan membawa bibit penyakit.

Bertone pun menyarankan kita untuk membiarkan laba-laba ini tetap hidup di dalam rumah agar lebih banyak nyamuk dan serangga lain yang dibasmi secara alami. Selain itu, sangat jarang kasus laba-laba menyerang manusia, termasuk laba-laba yang memiliki racun. Laba-laba ini ternyata jarang tinggal di dalam rumah karena mangsanya berada di alam liar.

Hanya saja, jika kita menemukan laba-laba yang berukuran cukup besar yang terkadang bersembunyi di balik lemari dan cukup terganggu dengan keberadaannya, cobalah untuk menangkapnya saja dan melepaskannya di luar rumah.

Melihat betapa besar manfaat laba-laba di dalam rumah, ada baiknya memang kita tidak membunuh atau membasminya.