Terbit: 26 April 2018
Ditulis oleh: Redaksi DokterSehat | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Apa yang biasanya makanan yang Anda bawa untuk kerabat yang sedang sakit? Kita tentu sering ya ingin membawakan makanan saat saudara atau kerabat sedang sakit. Tujuannya tentu saja untuk mendukung kesembuhan kerabat kita tersebut, dengan makanan yang kita bawa. Maka dari itu makanan yang kita berikan sebaiknya tidak boleh asal.

Jangan Asal, Ini Tips Bawa Makanan Untuk Kerabat yang Sakit

Pakar kesehatan dan dietitian dari Mayo Clinic, Katherine Zeratsky, menyebutkan bahwa ada beberapa hal yang harus kita perhatikan sebelum memberi makanan kepada kerabat yang sakit, utamanya yang sedang dirawat di rumah sakit, yaitu:

1. Menanyakan pada petugas ruangan atau keluarga dekat kerabat

Kita tentu perlu mengetahui apakah kerabat yang sakit sedang berada dalam kondisi infeksi, sedang dalam diet tertentu atau mengalami alergi. Tanyakan pada perawat, petugas gizi atau keluarga dekat kerabat untuk memastikan makanan apa yang tidak dianjurkan, misalnya makanan mentah, salad dan buah tertentu, atau makanan yang menjadi pencetus alergen.

2. Mempersiapkan makanan dengan tepat

Jika sudah mengetahui makanan yang boleh kita bawa, maka pastikan makanan dipersiapkan dengan tepat mulai dari kebersihan, terhindar dari kontaminasi makanan mentah, kematangan makanan dan disimpan/dibawa pada suhu yang tepat.

3. Jika membawa makanan atau masakan matang sebaiknya yang bisa dihabiskan dalam satu saji atau porsi

Hal ini untuk menjaga kualitas makanan yang kita bawa, agar tidak meningkatkan risiko kontaminasi bakteri pada suhu danger zone.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

4. Memberikan atau memastikan label keterangan makanan yang kita bawa

Jika Anda membuatkan makanan, maka berikan label berisi tanggal atau jam pembuatan makanan tersebut. Hal ini agar pasien dan keluarga pasien dapat mengontrol kualitas makanan jika makanan masih akan disimpan di kulkas terlebih dahulu. Keterangan komposisi bahan yang Anda gunakan juga bisa ditambahkan.

Nah, kini Anda sudah tahu apa saja tips membawa makanan untuk kerabat yang sedang sakit, kan?


DokterSehat | © 2020 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi