Bahaya Sinusitis Jika Dibiarkan! Apakah Bisa Jadi Tumor Sinusitis?

tumor-sinusitis-doktersehat

DokterSehat.Com – Sinusitis adalah salah satu penyakit yang bisa berkembang menjadi semakin berbahaya jika dibiarkan. Bahaya sinusitis jika dibiarkan bisa memperburuk kondisi kesehatan. Penasaran ingin tahu apa bahaya sinusitis jika tidak segera diobati?

Baca terus untuk mengetahui informasi penting seputar sinusitus, bahaya sinusitis jika dibiarkan, dan informasi terkait lainnya.

Apa itu sinusitis?

Sinusitis adalah penyakit yang disebabkan adanya peradangan pada bagian rongga sinus di hidung. Secara tepat, rongga sinus yang dimaksud terletak di antara sinus maximalis dan sinus frontalis.

Dengan demikian, bagian yang terkena sinusitis terletak di antara pangkal hidung dekat pipi dan pangkal hidung dekat dahi. Bagian tersebut merupakan bagian hidung yang mengalami infeksi akibat beberapa hal. Ini adalah bagian hidung yang harus dikhawatirkan ketika bahaya sinusitis berkembang semakin parah.

Apa penyebab sinusitis?

Penyakit sinusitis sebenarnya merupakan kelanjutan dari infeksi yang terjadi di hidung akibat beberapa hal. Infeksi hidung yang akhirnya menyebabkan sinusitis biasanya dikarenakan tiga hal, yaitu alergi, virus dan bakteri.

Ada orang-orang tertentu yang alergi terhadap beberapa hal seperti debu, cuaca, bulu hewan, serbuk bunga, dan lainnya. Alergen-alergen tersebut akan memicu orang tertentu memiliki beberapa reaksi alergi.

Reaksi alergi yang ditimbulkan pun akhirnya akan menimbulkan infeksi pada bagian sinus. Bagi Anda yang memiliki alergi pada hal tertentu tidak perlu terlalu cemas karena penyebab sinusitis yang sering terjadi bukan karena alergi. Namun, bukan berarti para penderita alergi menjadi lalai dari potensi bahaya sinusitis.

Baca Juga: 5 Mitos Tentang Sinusitis yang Perlu Kamu Tahu

Sebagian besar kejadian sinusitis disebabkan karena adanya infeksi. Infeksi tersebut diakibatkan oleh virus, bakteri, dan jamur. Bakteri yang sering menjadi menyebabkan infeksi pada sinus adalah Streptococcus pneumonia dan Haemophillus influeza. Ada pula jamur yang menginfeksi hidung, yaitu Aspergillus.

Proses terjadinya sinusitis

Sinusitis terjadi diawali ketika daya tahan tubuh tidak mampu melawan virus penyebab pilek atau virus lainnya. Hal ini kemudian berlanjut sehingga membuat aliran cairan hidung pada bagian sinus mengalami hambatan.

Bakteri tertentu yang ada di dalam hidung pun berkembang biak dan masuk ke dalam sinus sehingga terjadilah peradangan di sinus yang biasa disebut sinusitis akut. Sinusitis akut ini pun bisa berkembang menjadi jenis sinusitis lainnya.

Tipe sinusitus

Penyakit sinusitis umumnya diawali dengan tipe sinusitis akut. Namun, selain sinusitis akut, ada tipe sinusitis lainnya. Beberapa tipe sinusitis lainnya tersebut adalah sinusitis subakut, sinusitis kronis, dan sinusitis alergis atau hiperplastiks.

Gejala sinusitis

Sinusitis bisa diketahui dengan memerhatikan beberapa gejala yang sering terjadi. Anda perlu mengetahui beberapa gejala sinusitis. Perhatikanlah beberapa gejala sinusitis di bawah ini sehingga Anda bisa segera menyadari bahwa ada kemungkinan Anda terkena sinusitis dan potensi bahaya sinusitis.

Berikut ini adalah beberapa gejala sinusitis yang sering terjadi:

  1. Hidung tersumbat
  2. Ada cairan hidung dari belakang hidung yang menetes ke kerongkongan
  3. Cairan hidung atau ingus berlebih
  4. Ada nanah di rongga sinus sehingga menimbulkan ingus bernanah
  5. Mata menjadi pedih dan sering berair
  6. Sering bersin-bersin
  7. Sakit kepala atau pusing
  8. Nyeri
  9. Napas berbau tidak sedap
  10. Indra penciuman menjadi kurang peka

Semua gejala tersebut memang belum tentu terjadi. Hal ini dikarenakan gejala-gejala sinusitis yang terjadi dipengaruhi oleh tipe infeksinya. Jadi, tidak perlu semua gejala Anda alami tetapi beberapa gejala yang terjadi patut dicurigai sebagai gejala sinusitis.

Baca Juga: Kenali Gejala Sinusitis Pada Anak

Bahaya sinusitis jika dibiarkan terus menerus

Sinusitis yang berawal dari infeksi hidung atau alergi yang tidak diobati ini ternyata bukanlah tahap akhir masalah medis di bagian hidung. Ada beberapa bahaya sinusitis jika dibiarkan terus menerus dan tidak diobati.

Bahaya sinusitis jika dibiarkan terus menerus akan mengubah tipe sinusitis yang awalnya sinusitis akut menjadi sinusitis subakut. Tipe sinusitis subakut ini jika dibiarkan akan meningkat menjadi tipe sinusitis kronis yang semakin membahayakan.

Sinusitis kronis ini terjadi ketika sinusitis berlangsung selama 3 bulan. Bahaya sinusitis kronis yang tidak segera diobati bisa berkembang menjadi beberapa masalah medis. Sinusitis yang dibiarkan bisa menimbulkan masalah pada bagian yang terkait sinus, yaitu hidung, mata, kepala, dan otak (selaput).

Bahaya sinusitis yang dibiarkan bisa membuat mata bermasalah dan terkena infeksi. Jika mata terinfeksi maka ada kemungkinan mata menjadi memerah, bengkak, gangguan koordinasi bola mata, hingga gangguan penglihatan.

Tidak hanya pada bagian dalam mata saja yang bermasalah sebagai akibat bahaya sinusitis yang dibiarkan. Kelopak mata akan menjadi turun karena terjadinya infeksi pembuluh darah di sekitar area mata.

Tulang di bagian kepala dekat dahi pun juga bisa terinfeksi jika sinusitis dibiarkan. Hal ini bisa menimbulkan beberapa gejala seperti sakit kepala, mual, muntah, dan demam. Ada kemungkinan akan merasa sakit ketika melihat cahaya.

Bahaya sinusitis yang dibiarkan tanpa ada pengobatan bisa memicu terjadinya meningitis. Ini terjadi karena infeksi sinus mulai merambat ke infeksi pada bagian selaput yang membungkus otak.

Selain itu, ada pula bahaya sinusitis yang sangat penting untuk diketahui. Sinusitis yang tidak diobati dan dibiarkan begitu saja akhirnya bisa berkembang menjadi kanker sinus atau tumor sinusitis ganas.

Bahaya sinusitis tersebut adalah yang sangat berbahaya karena bisa mengancam jiwa Anda. Oleh karena itu, segeralah obati sinusitis jika ternyata Anda mengalaminya. Jangan abaikan dan menunggu hingga parah.

Baca Juga: Sinusitis Bisa Diobati dengan Air Garam?

Cara mengatasi sinusitis rumahan

Jika Anda mencurigai adanya infeksi sinus maka segeralah berkonsultasi dengan dokter. Bagi Anda yang tidak ingin langsung berobat ke dokter maka ada dua cara mengatasi sinusitis yang mudah dilakukan di rumah.

Berikut ini adalah dua cara mengatasi sinusitis ala rumahan:

1. Ramuan herbal (diminum)

Bahan:

  • 10 gram sambiloto kering
  • 20 gram kunyit
  • 20 gram jahe
  • 90 gram daun lidah buaya, kupas

Cara mengolah:

  1. Cuci bersih semua bahan
  2. Rebus bahan dengan 700 cc air hingga air tersisa 300 cc
  3. Saring air yang tersisa
  4. Minum air 2x sehari

2. Ramuan herbal (teteskan ke hidung)

Bahan:

  • daun sambiloto kering (secukupnya)

Cara mengolah:

  1. Cuci bersih daun sambiloto kering
  2. Haluskan atau jus dengan air matang
  3. Saring airnya saja
  4. Teteskan 2-3 tetes ke dalam lubang hidung

 

Sumber:

  1. Ni Luh Indrawati, S.Farm., Apt & Razimin, S.Si. Apt. 2013. Bawang Dayak: Si Umbi Ajaib Penakluk Aneka Penyakit. Jakarta: AgroMedia
  2. Prof H. Hembing W. 2008. Ramuan Lengkap Herbal Taklukkan Penyakit. Jakarta: Pustaka Bunda
  3. Redaksi AgroMedia. 2008. 273 Ramuan Tradisional. Jakarta: AgroMedia