Terbit: 8 Februari 2018
Ditulis oleh: Muhamad Nuramdani | Ditinjau oleh: Tim Dokter

DokterSehat.Com– Penyakit batu ginjal cukup sering menyebabkan rasa sakit yang menyiksa saat batu-batu kecil bergerigi ini menyerang mereka melalui sistem pada tubuh Anda. Dan itu bisa terjadi pada siapa saja. Tapi itu bukan satu-satunya tanda penyebab batu ginjal.

6 Gejala Batu Ginjal yang Tidak Bisa Diabaikan

Kasus Penyakit Bau Ginjal Semakin Meningkat

Menurut Philip Zhao, seorang ahli urologi, batu ginjal akan terbentuk saat warna urine terlalu pekat, memungkinkan mineral dan garam yang membuat kencing Anda menjadi kristal.

Ketika itu terjadi, garam dan mineral akan tetap bersatu dan membentuk endapan keras yang menyerupai bat, biasanya memiliki permukaan yang kasar, dan ini bisa menyakitkan saat dipantulkan melalui ginjal, saluran kencing, dan kandung kemih.

Semakin banyak orang yang mengidap batu ginjal. Pada tahun 1994, sekitar 1 dari 20 orang menderita kondisi tersebut. Sekarang, itu tumbuh menjadi 1 dari 11 orang, menurut penelitian 2013 dari UCLA.

Menurut Zahao, hal itu dimungkinkan karena meningkatnya kasus obesitas. Tidak cukup minum dan memiliki riwayat keluarga batu ginjal, juga bisa berisiko.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku RT Mandiri - Advertisement

Jadi, bagaimana cara mengetahui tahu Anda mengidap batu ginjal? Rasa sakit adalah tanda nomor satu bahwa Anda mungkin memiliki masalah. Seiring dengan tekstur abrasif, batu ginjal juga bisa menciptakan sumbatan yang membuat tekanan di belakang mereka, yang tentu saja bisa menyakitkan.

Itu bisa terjadi kapan saja selama perjalanan batu dari ginjal saat anda ke toilet. Tapi jika batu ginjal Anda kecil atau tidak menimbulkan penyumbatan, Anda mungkin tidak merasakan sakit sama sekali.

“Orang memiliki persepsi bahwa batu ginjal secara otomatis menyiksa, api itu tidak selalu terjadi,” kata Zhao.

Gejala Batu Ginjal

Entah Anda mengeluhkan rasa sakit atau tidak, berikut lima tanda lain bahwa ada sesuatu yang tidak beres. Dan inilah cara menaganinya jika Anda mengalami masalah dengan batu ginjal, seperti melansir Mens’s Health.

1. Kencing Darah

Karena batu ginjal cenderung memiliki permukaan yang bergerigi, benda padat ini bisa mengikis sistem Anda, menyebabkan lecet dan pembengkakan.

Itu bisa menyebabkan darah bercampur dengan air kencing. Dalam beberapa kasus, Anda benar-benar dapat melihat darah dalam kencing Anda. Itu disebut hematuria kotor. Dalam kasus lain, darah dalam urine Anda mikroskopis dan hanya bisa dilihat di laboratorium —yang dikenal sebagai hematuria mikroskopis.

2. Sering Buang Air Kecil

Bahkan jika batu-batu itu tidak menyebabkan penyumbatan, kemungkinan besar akan menimbulkan tekanan pada saluran kencing Anda di suatu tempat.

Hal itu menyebabkan meningkatnya rasa urgensi dan frekuensi buang air kecil. Anda mungkin mengalami buang air kecil lebih sering dari biasanya, bahkan jika asupan hidrasi Anda sama.

3. Demam atau Flu

Meski agak jarang, infeksi bisa berkembang akibat batu ginjal. Ujung-ujungnya kencing keruh, serta tanda-tanda infeksi lainnya seperti kelemahan, demam, menggigil, dan gejala mirip flu.

4. Nyeri Menjalar

Meskipun Anda mungkin merasa sakit pada titik penyumbatan, Anda juga bisa merasakan nyeri di daerah lain. Misalnya, jika sebuah batu menghalangi tabung keluar dari kandung kemih Anda, Anda mungkin memiliki rasa sakit umum di perut bagian bawah atau selangkangan, termasuk testis. Anda juga bisa merasakan sakit saat buang air kecil, jika batu-batu itu bersarang di uretra.

5. Mual atau Muntah

Jika rasa sakit hadir, Anda mungkin akan merasa sakit sebagai hasilnya. Tidak ada yang spesifik apa yang menyebabkannya. Ini bisa mengacaukan sistem pencernaan Anda, dan menyebabkan gejala seperti mual atau muntah.


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi