Terbit: 23 April 2021 | Diperbarui: 26 April 2021
Ditulis oleh: Gerardus Septian Kalis | Ditinjau oleh: Tim Dokter

Jamur shitake adalah salah satu jamur yang paling banyak dibudidayakan di dunia karena rasanya yang gurih dan beragam manfaat kesehatan yang bisa didapatkan. Simak penjelasan lengkap mengenai khasiat hingga cara memasaknya.

9 Manfaat Jamur Shitake yang Sayang untuk Dilewatkan

Kandungan Jamur Shitake

Berikut adalah berbagai kandungan yang terdapat dalam shitake, antara lain:

  • Kalori.
  • Karbohidrat.
  • Serat.
  • Protein.
  • Riboflavin.
  • Niasin.
  • Tembaga.
  • Vitamin B5.
  • Selenium.
  • Mangan.
  • Zinc.
  • Vitamin B6.
  • Folat.
  • Vitamin D.

Selain itu, jamur ini juga mengandung banyak asam amino yang sama dengan daging. Senyawa penting lainnya yang terdapat  pada shitake adalah polisakarida, terpenoid, sterol, dan lipid, beberapa di antaranya memiliki efek penambah kekebalan, penurun kolesterol, dan antikanker.

Manfaat Jamur Shitake bagi Kesehatan

Penting untuk diketahui, jumlah senyawa bioaktif dalam jamur ini bergantung pada bagaimana dan di mana jamur ditanam, disimpan, dan disiapkan. Berikut ini adalah berbagai manfaat yang bisa Anda dapatkan, di antaranya:

1. Mencegah Obesitas

Komponen tertentu dari jamur ini memiliki efek hipolipidemik (pengurang lemak), seperti eritadenine dan beta glukan, serat makanan larut yang juga ditemukan dalam barley, gandum hitam, dan oat.

- Iklan -
Iklan DokterSehat Farmaku Darlie - Advertisement

Sebuah studi melaporkan bahwa beta glukan dapat meningkatkan rasa kenyang, mengurangi asupan makanan, menunda penyerapan nutrisi, dan mengurangi kadar lipid plasma (lemak).

Para peneliti menyimpulkan bahwa jamur shitake dapat membantu mencegah penambahan berat badan serta mencegah penumpukan lemak dan plasma triasilgliserol, terutama saat mengonsumsi makanan tinggi lemak.

Dikarenakan penelitian baru dilakukan pada hewan, penelitian lanjutan pada manusia diperlukan untuk melihat khasiatnya dalam mencegah obesitas dan gangguan metabolisme yang terkait.

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Jamur ini memiliki kemampuan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan memerangi banyak penyakit dengan cara menyediakan vitamin, mineral, dan enzim penting.

Sebuah studi mengungkapkan, seseorang yang mengonsumsi jamur ini 5 sampai 10 gram setiap hari dapat meningkatkan fungsi efektor sel dan meningkatkan kekebalan usus. Selain itu, rutin mengonsumsinya juga mengurangi peradangan pada tubuh.

3. Melawan Sel Kanker

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa jamur ini membantu melawan sel kanker dan menyembuhkan kerusakan kromosom yang disebabkan oleh perawatan antikanker. Studi ini menyelidiki peran ethyl acetate fraction dari shitake.

Hasilnya menunjukkan bahwa jamur ini mampu menghambat pertumbuhan sel tumor dengan nilai mycochemical yang dimilikinya. Shitake berhasil menginduksi apoptosis, proses kematian sel terprogram.

4. Mencegah Penyakit Kardiovaskular

Senyawa sterol yang ada di dalam jamur ini dapat mengganggu produksi kolesterol di hati. Selain itu, kandungan fitonutrien yang kuat juga membantu menjaga sel-sel menempel pada dinding pembuluh darah agar tidak membentuk penumpukan plak. Pada akhirnya, hal ini menjaga tekanan darah yang sehat dan meningkatkan sirkulasi darah.

Studi yang dilakukan pada tikus yang memiliki hipertensi menunjukkan bahwa pemberian jamur ini mengakibatkan penurunan kolesterol VLDL (very-low-density lipoprotein) dan HDL (high-density lipoproteins), sedangkan pemberian jamur shitake hanya menyebabkan penurunan kolesterol VLDL.

5. Mengandung Sifat Antimikroba

Sebuah studi menguji efek antimikroba shitake pada radang gusi. Hasilnya, jamur ini memiliki efektivitas yang lebih baik dibandingkan dengan dengan komponen aktif dalam obat kumur gingivitis yang mengandung chlorhexidine.

Penelitian tersebut menunjukkan bahwa ekstrak jamur ini menurunkan beberapa organisme patogen tanpa memengaruhi organisme yang mendukung kesehatan. Tidak seperti chlorhexidine yang memiliki efek pada semua organisme.

6. Meningkatkan Energi dan Fungsi Otak

Manfaat jamur shitake berikutnya didapatkan karena kandungan vitamin B nya membantu mendukung fungsi adrenal dan mengubah nutrisi dari makanan menjadi energi. Selain itu, vitamin ini juga telah terbukti  membantu menyeimbangkan hormon secara alami dan menembus kabut otak untuk mempertahankan fokus sepanjang hari.

7. Membantu Memenuhi Asupan Vitamin D

Meskipun vitamin D paling baik diperoleh dari matahari, jamur ini juga dapat memberikan vitamin esensial ini dalam jumlah yang cukup.

Vitamin D penting untuk kesehatan tulang serta mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes, penyakit autoimun dan beberapa jenis kanker. Vitamin ini juga penting untuk penyerapan dan metabolisme kalsium dan fosfor.

Penelitian menunjukkan bahwa mendapatkan pasokan vitamin D yang cukup juga membantu mengatur dan mendukung sistem kekebalan tubuh, menjaga berat badan yang sehat, menjaga fungsi otak seiring bertambahnya usia, mengurangi keparahan gejala asma, mengurangi risiko pengembangan rheumatoid arthritis pada wanita, serta mengurangi risiko mengembangkan multiple sclerosis.

8. Menjaga Kesehatan Kulit

Saat selenium dikonsumsi dengan vitamin A dan E, hal itu dapat membantu mengurangi keparahan jerawat dan jaringan parut yang dapat terjadi sesudahnya. Seratus gram jamur shitake mengandung 5,7 miligram selenium. Itu artinya, jamur ini dapat berperan sebagai pengobatan jerawat alami.

Selain kandungan seleniumnya, zinc yang terdapat di dalam jamur ini juga meningkatkan fungsi kekebalan dan mengurangi penumpukan hormon dihidrotestosteron (DHT) untuk meningkatkan penyembuhan kulit.

9. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Sebuah studi menunjukkan bahwa serat yang ditemukan dalam jamur ini dapat mendukung kesehatan pencernaan dan usus. Selain itu, serat juga memiliki kemampuan menghambat peradangan di usus, kondisi yang sangat penting agar terciptanya kesehatan sistem pencernaan.

Perlu diketahui juga, kesehatan usus juga terkait dengan sistem kekebalan dan kesehatan mental. Oleh karena itu, sangat penting untuk mencegah peradangan di saluran pencernaan untuk mencapai kesehatan dengan optimal.

Baca Juga: 11 Manfaat Jamur Enoki bagi Kesehatan yang Belum Banyak Diketahui

Cara Memasak Jamur Shitake

Jamur ini memiliki rasa umami yang khas, di mana hal ini sangat membantu saat membuat hidangan vegetarian. Sebelum dimasak, rendam dalam air panas untuk melembutkannya. Setelah itu, buang bagian batangnya. Simpan batangnya di freezer untuk membuat kaldu sayuran.

Agar mendapatkan jamur dengan kualitas yang baik, pilihlah yang kering dan utuh. Berikut beberapa tips olahan yang bisa Anda coba:

  • Tumis shitake dengan sayuran hijau dan sajikan dengan telur rebus.
  • Anda bisa menambahkannya untuk membuat sup yang beraroma.
  • Jamur ini juga bisa digoreng untuk dijadikan camilan renyah atau sebagai lauk.

 

  1. Jennings, Kerri-Ann. 2019. Why Shiitake Mushrooms Are Good For You. https://www.healthline.com/nutrition/shiitake-mushrooms#bottom-line. (Diakses pada 23 April 2021).
  2. Ruggeri, Christine. 2021. Shiitake Mushrooms: 9 Scientifically Proven Benefits You Need to Know About. https://draxe.com/nutrition/shiitake-mushrooms/. (Diakses pada 23 April 2021).


DokterSehat | © 2021 PT Media Kesehatan Indonesia. Hak Cipta Dilindungi