Sering Makan Jamur, Risiko Kanker Prostat Menurun

jamur-doktersehat
Photo Source: Flickr/Marco Verch

DokterSehat.Com– Jamur sering dianggap sebagai pengganti daging. Hal ini disebabkan tekstur jamur yang sangat berbeda dari sayuran-sayuran biasanya. Tak disangka, di balik kenikmatan yang ditawarkan oleh masakan yang dibuat dari jamur, kita juga bisa mendapatkan manfaat lainnya, yakni menurunkan risiko kanker prostat.

Jamur Bisa Menurunkan Risiko Kanker Prostat

Penelitian yang dilakukan di Jepang baru-baru menghasilkan fakta bahwa rutin makan jamur memang bisa membantu menurunkan risiko kanker prostat. Dalam penelitian yang dipublikasikan hasilnya dalam International Journal of Cancer ini, disebutkan bahwa lebih dari 36 ribu pria dengan usia 40 hingga 79 tahun dilibatkan dalam Miyagi Cohort Study yang dilakukan pada 1990 serta Ohsaki Cohort Study yang dilakukan pada 1994. Para partisipan rata-rata dicek kondisi kesehatannya secara teratur dalam waktu 13,2 tahun.

Hasil dari penelitian ini adalah, 3,3 persen dari total partisipan mengidap kanker prostat di akhir fase studi. Selain itu, partisipan yang mengonsumsi jamur sekitar satu atau dua kali dalam sepekan cenderung memiliki risiko terkena kanker prostat lebih rendah 8 persen dibandingkan dengan partisipan yang mengonsumsinya kurang dari frekuensi tersebut.

Bahkan, jika konsumsi jamur bisa sampai tiga kali atau lebih setiap minggunya, risiko terkena kanker prostat bisa dikurangi menjadi 17 persen!

Kandungan di dalam jamur disebut-sebut mampu menurunkan antigen yang berpengaruh besar pada perkembangan kanker prostat. Hal ini juga akan membuat respons sistem kekebalan tubuh terhadap kanker ini semakin meningkat. Selain itu, beberapa jenis jamur juga memiliki antioksidan yang sangat kuat layaknya L-ergthioneine serta glutathione yang akan mendukung kekuatan sistem imun tubuh.

“Sayangnya, belum jelas jamur-jamur jenis apa saja yang dikonsumsi oleh para partisipan sehingga kita belum bisa memastikan jenis jamur yang bisa memberikan manfaat kesehatan in,” ucap Shu Zhang, salah satu peneliti yang terlibat dari Tohoku University School of Public Health.

Cara Lain yang Bisa dilakukan untuk Mencegah Kanker Prostat

Pakar kesehatan menyebut ada berbagai cara lain yang bisa kita lakukan demi mencegah kanker prostat selain dengan makan jamur. Berikut adalah cara-cara yang bisa dilakukan, di antaranya:

  1. Mengurangi Asupan Lemak Hewani

Pakar kesehatan menyebut laki-laki yang hobi makanan tinggi lemak layaknya daging merah, susu, hingga produk turunannya seperti keju cenderung memiliki risiko terkena kanker prostat jauh lebih besar. Hal ini disebabkan oleh adanya kaitan erat antara lemak hewani dengan risiko kanker ini.

Ada baiknya kita mulai menurunkan asupan makanan dengan kandungan lemak hewani yang tinggi dan menggantinya dengan lemak sehat seperti yang ada di dalam kacang-kacangan atau buah alpukat.

  1. Menghindari Asap Rokok

Rokok bisa memberikan dampak kesehatan jauh lebih buruk dari yang kita duga. Tak hanya bisa memicu masalah kardiovaskular dan pernapasan, dalam realitanya hobi merokok bisa membuat risiko kanker prostat naik 24 hingga 30 persen.

  1. Memperbanyak Asupan Sayuran

Sayuran dari keluarga kubis layaknya brokoli, kembang kol, lobak, dan bokchoy memiliki kandungan sulfur dan glucosinolates yang bisa membantu mencegah datangnya kanker, termasuk kanker prostat.

  1. Rajin Olahraga

Rajin berolahraga sekitar 15 atau 30 menit setiap hari terbukti mampu menurunkan risiko kanker prostat dengan signifikan.

  1. Menjaga Berat Badan

Pria yang mengalami masalah obesitas cenderung memiliki risiko lebih besar terkena kanker prostat. Hal ini berarti, menjaga berat badan tetap ideal atau menurunkan berat badan yang sebelumnya berlebihan bisa membantu menurunkan risiko terkena penyakit ini.

 

Sumber:

  1. Godfrey, Isabel. 2019. Eating mushrooms might reduce prostate cancer risk.com/articles/326285.php. (Diakses pada 17 September 2019).