Jamur, Makanan yang Direkomendasikan Bagi Penderita Diabetes

Manfaat-gizi-jamur-doktersehat-1
Photo Credit: Flickr.com/Dean Morley

DokterSehat.Com– Jamur kini telah menjadi salah satu lauk yang digemari oleh masyarakat Indonesia. Semakin banyak jenis jamur yang diketahui memiliki rasa yang enak dan mudah diolah menjadi makanan yang menggoda selera. Banyak orang yang bahkan mengaku mengalami peningkatan nafsu makan saat mengonsumsi jamur.

Dilansir dari Asian Town, tak hanya lezat dan memiliki bau yang harum, jamur ternyata memiliki manfaat yang luar biasa bagi tubuh, khususnya bagi penderita diabetes. Rutin mengonsumsi jamur ternyata bisa membantu proses menjaga keseimbangan kadar gula darah di dalam tubuh.

Padahal, sudah menjadi rahasia umum jika penderita diabetes tidak mampu menjaga keseimbangan kadar gula darah dalam tubuhnya akibat terjadinya resistensi insulin. Melihat adanya fakta ini, jamur pun direkomendasikan menjadi makanan yang sebaiknya dikonsumsi oleh penderita diabetes demi mencegah komplikasi.

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh T.N. Lakhanpal dari Himachal Pradesh University, India, dihasilkan fakta bahwa jamur memiliki sejenis senyawa aktif yang mampu menjaga tekanan darah dan gula darah berada dalam kondisi normal. Selain itu, jamur juga memiliki indeks glikemik yang rendah.

Kandungan potasium di dalam jamur sangat tinggi dan hampir tidak memiliki kandungan natrium sama sekali. Selain itu, jamur juga termasuk dalam makanan yang bebas lemak namun kaya akan protein sehat, biotin, riboflavin dan asam amino esensial.

Hanya saja, pastikan untuk mengolah jamur dengan tepat agar kita tidak membuatnya menjadi makanan yang kaya akan kalori atau lemak jahat. Olahlah dengan cara merebusnya atau menjadikannya sup agar bisa mendapatkan manfaatnya dengan maksimal.